Ini Jadwal Kontes Bonsai Nasional 2019 Lampung Barat - Jalosi.net | Jalur Otoritas Informasi

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Jumat, 10 Mei 2019

Ini Jadwal Kontes Bonsai Nasional 2019 Lampung Barat

Lampung Barat, jalosi.net - Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Cabang Lampung Barat,  akan menggelar  kontes dan pameran bonsai tingkat nasional, yang dijadwalkan selama 12 hari, tepatnya 4-16 Juli 2019 mendatang, dipusatkan di Kebun Raya Liwa (KRL) Pekon Kubuperahu kecamatan Balikbukit.

Ketua PPBI Lambar  dr. Widyatmoko Kurniawan, Sp.B., mengatakan, kontes dan pameran tingkat nasional tersebut mengusung tema “GEBYAR BONSAI BUMI SEKALA BEKHAK”. Spirit dari tema tersebut adalah mengajak seluruh elemen apapun latar belakangnya untuk dapat ikut memberikan sumbangsih membangun Lambar dengan berbagai kegiatan positif sesuai passionnya dengan penuh semangat dan kreatifitas. 

”Untuk  jadwal rangkaian pameran dan kontes tersebut yakni Pembukaan Pameran, Pameran bonsai, Workshop membuat karya seni bonsai, Pameran dan Lomba Foto dari komunitas Pemotret Liwa / Liwart, demonstrasi proses pembuatan bonsai, public Participate, melibatkan pengunjung untuk memilih bonsai favorit, dan selanjutnya penutupan tanggal 16 Juli,” imbuhnya.

Lebih lanjut dikatakan Wawan---sapaan akrab Widyatmoko Kurniawan, untuk ukuran Bonsai yang dipamerkan, yakni Mame (s/d  15 cm), Small 16-30 cm, Medium 31-60 cm, Large 61-100 cm,  dan Extra Large 101 cm, dan pesertanya tidak hanya berasal dari para seniman bonsai Lambar, melainkan juga akan diikuti oleh para pencinta bonsai dari luar daerah.

”Maksud diselenggarakannya Pameran dan Kontes Bonsai Nasional ini adalah untuk meningkatkan semangat pencinta bonsai baik yang berada di Lampung Barat dan sekitarnya maupun yang berada di daerah-daerah untuk terus tetap berkarya, meningkatkan pemahaman dan wawasan terhadap seni bonsai yang terus berkembang,” kata dia.


Kemudian yang tidak kalah penting, dengan kegiatan ini maka para pencinta bonsai bersama-sama mengajak masyarakat memperhatikan dan menjaga kelestarian lingkungan alam yang merupakan sumber informasi dan inspirasi di dalam berkarya dengan tanpa harus merusaknya dan meningkatkan solidaritas, saling berbagi pengetahuan dan kreatifitas  dan menjalin tali silahturahim.  

”Selain itu untuk intern penggemar bonsai Lampung Barat, Pameran dan Kontes bonsai ini juga bertujuan menunjukkan kepada khalayak ramai, bahwa Lampung Barat memiliki paguyuban bonsai yang eksis.  Mensosialisasikan seni bonsai kepada seluruh masyarakat khususnya warga  Lampung Barat dan sekitarnya,” ujarnya.

Kemudian, tambah dia, kegiatan itu juga dalam rangka memberikan kesempatan kepada seluruh  pencinta bonsai di Lampung Barat untuk dapat menampilkan koleksinya atau hasil karya seni bonsainya. Kemudian Mengajak masyarakat untuk menciptakan suatu kegiatan yang positif dan kreatif  melalui seni bonsai. (R/jalosi/er/ht)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad