Baznas Pesawaran Salurkan Bantuan Kepada Korban Kebakaran - Jalosi.net | Jalur Otoritas Informasi

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Jumat, 26 Maret 2021

Baznas Pesawaran Salurkan Bantuan Kepada Korban Kebakaran

 

Pesawaran, jalosi.net - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Pesawaran berikan santunan kepada tiga rumah korban kebakaran di Desa Pekon Ampai, Kecamatan Marga Punduh Kabupaten Pesawaran, Jumat  (26/03/2021).


Ketua BAZNAS Kabupaten Pesawaran Abdul Hamid melalui Wakil Ketua Bidang Distribusi dan Daya Guna Rohim mengatakan bahwa santunan diberikan sesuai dengan kerusakan rumah masing-masing.


"Baznas Pesawaran sebelumnya telah melakukan pendataan dan melihat secara langsung kerusakan rumah akibat kebakaran yang menimpanya pada beberapa waktu lalu. Dan ada tiga kriteria,yakni kerusakan berat sedang dan ringan," kata dia.


Santunan dari program Bedah Rumah Layak dan Sehat (BERKAT) tersebut diberikan kepada Hermansyah warga Pekon Ampai Marga Punduh dengan kerusakan kategori berat sebesar Rp16juta, Ahyarudin warga Pekon Ampai Marga Punduh dengan kerusakan rumah kategori sedang sebesar Rp7juta dan Rohmat warga Pekon Ampai Marga Punduh yang kerusakannya kategori ringan menerima uang Rp5juta.


Ia menerangkan, BAZNAS juga memiliki program 'Pesawaran Peduli' dan relawan Baznas pesawaran Tanggap Bencana. 


"Jadi saat kita mendengar informasi bahwa ada saudara kita terkena musibah, kami langsung tinjau lokasi dan menyampaikan informasi bahwa Baznas Pesawaran akan memberikan bantuan untuk meringankan beban korban,” tutur dia.


Menurutnya, santunan tersebut setidaknya dapat membantu dan mengurangi beban korban dalam memperbaiki rumahnya pasca ludes terbakar pada beberapa waktu lalu.


"Memang santunan tersebut tidak akan cukup untuk membangun kembali rumahnya, namun setidaknya dapat membantu guna membeli material yang dibutuhkan dalam membangun kembali rumah ini," ujar dia.


Ditegaskan, program tersebut sesuai dengan apa yang menjadi arahan Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona dalam mendistribusikan dana BAZNAS harus tepat sasaran dan masuk pada skala prioritas.


"Ini kan korban kebakaran, jadi masuk pada sekala prioritas untuk segera dibantu. Ya,sesuai dengan arahan Pak Bupati bahwa dalam mendistribusikan BAZNAS harus tepat sasaran dan benar-benar dibutuhkan, " tegas dia.


Untuk diketahui, sebelumnya penyerahan santunan BERKAT tersebut akan diserahka  langsung oleh Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona namun karena ada kegiatan lain yang tidak bisa ditinggalkan maka hanya diwakili Camat Marga Punduh, Kepala Desa dan jajaran.


Menanggapinya, Kepala Desa Pekon Ampai Kecamatan Marga Punduh Azhari mengatakan bahwa atas nama pemerintah desa dan mewakili warganya yang tertimpa musibah, mengucapkan terima kasih atas kepedulian dan perhatian yang diberikan oleh BAZNAS Kabupaten Pesawaran. (Ed/Wn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad