Sistem Manajemen Keselamatan Lalu Lintas Jalan - Jalosi.net | Jalur Otoritas Informasi

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Kamis, 17 Maret 2022

Sistem Manajemen Keselamatan Lalu Lintas Jalan

 

Dasar Pemikiran

Sistem manajemen keselamatan lalu lintas jalan (Road Traffic Safety Management System / RTSMS), berdasarkan ISO 39001, dapat membantu dalam mengidentifikasi dan mengelola risiko keselamatan jalan. Tujuan mulia ini bukan hanya sekedar tujuan nasional saja, tetapi juga sudah menjadi tujuan dari konsep Pembangunan Berkelanjutan PBB yang juga menyangkut keselamatan jalan untuk mengurangi kematian, transportasi perkotaan yang aman, dan menerapkan praktik pengadaan publik yang berkelanjutan. ISO 39001 : 2012 menetapkan persyaratan untuk sistem manajemen keselamatan lalu lintas jalan (RTS) untuk mengurangi kematian dan cedera serius terkait dengan kecelakaan lalu lintas jalan.

Mengingat pentingnya program tersebut, maka langkah – langkah untuk mewujudkannya disusun melalui tahapan Penyusunan Visi dan target keselamatan jalan, Rencana dan program keselamatan jalan, Praktek Tindakan keselamatan jalan, Peran organisasi dan koordinasi kegiatan, dan Pemantauan serta evaluasi dampak tindakan keselamatan jalan. Terkait dengan hal tersebut, maka Lembaga Pengembangan Profesi dan Teknologi Kepolisian (LP2TK) akan menyelenggarakan pelatihan ”Sistem Manajemen Keselamatan Lalu Lintas Jalan” atau ”Road Traffic Safety Management System”.

Tujuan Pelatihan

Pelatihan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk membekali para peserta pelatihan dengan ketentuan – ketentuan yang dipersyaratkan dalam ISO 39001 : 2012 dan dapat melaksanakan, memantau dan mengaevaluasinya guna memastikan terjadinya peningkatan keselamatan jalan bagi para pengguna jalan sehingga angka kecelakaan lalu lintas bisa diminimalisir.

Subjek Pembahasan

- Traffic safety and society development in a global perspective
- Traffic Safety requirements
- Speed and safety
- Alcohol and driving
- Motorcyclists safety
- Pedestrians and cyclists safety
- Data collection and analysis
- Driver education and licensing
- Traffic police management
- Road safety campaigns
- Traffic engineering
- Vehicle safety

Informasi lebih lanjut hubungi :
- Bu Nuni : 0813-8330-7997
- Pak Tata : 0815-7897-7777

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad