Gempa Pesisir Barat Lampung Tidak Berpotensi Tsunami - Jalosi.net | Jalur Otoritas Informasi

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Rabu, 03 Januari 2018

Gempa Pesisir Barat Lampung Tidak Berpotensi Tsunami

Lampung:  Rabu , 3 Januari  2018, gempa bumi tektonik mengguncang wilayah  Pesisir Barat Lampung.  Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi terjadi pada pukul  21:46:14 WIB dengan kekuatan M=4.8  Skala Richter dengan koordinat  episenter 5.61 LS dan 103.53 BT atau  tepatnya berlokasi di laut pada jarak  64 km Barat Daya Pesisir Barat- Lampung pada kedalaman 10 km.

Berdasarkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan dari masyarakat, gempabumi dirasakan di Liwa II SIG-BMKG (IV-V MMI). Namun demikian hingga saat ini belum ada laporan adanya kerusakan.

Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempabumi ini merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia kebawah lempeng Eurasia tepatnya di Zona Megathrust yang merupakan zona subduksi lempeng yang berada di Samudra Hindia sebelah barat Sumatra.

"Hasil monitoring BMKG hingga saat ini menunjukkan belum terjadi gempabumi susulan. Untuk itu kepada masyarakat di daerah  Pesisir Barat Lampung dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan informasi BMKG karena gempabumi ini Tidak Berpotensi Tsunami. "Ujar Joko Siswanto, S.Sos, Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Selatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad