Konferensi Internasional ke 3 Tentang Flora dan Fauna Digelar di Bogor - Jalosi.net | Jalur Otoritas Informasi

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Sabtu, 22 September 2018

Konferensi Internasional ke 3 Tentang Flora dan Fauna Digelar di Bogor

Bogor, jalosi.net - 20 September 2018. SEAMEO BIOTROP menyelenggarakan Konferensi Internasional Ke-3 tentang Biologi Tropis (ICTB) tahun ini dengan tema "Pelestarian, Peningkatan, dan Pemanfaatan Berkelanjutan dari Flora dan Fauna Tropis Adat". Konferensi ini secara umum bertujuan untuk menilai keberhasilan, peluang, dan kesenjangan dalam praktik saat ini, upaya penelitian dan kebijakan yang terkait dengan konservasi, peningkatan dan pemanfaatan berkelanjutan flora dan fauna di Asia Tenggara.

Konferensi ini diharapkan menjadi tempat untuk berbagi pengetahuan, perspektif, dan pengalaman tentang tema di antara para peserta. Beberapa negara di wilayah Asia Tenggara yang turut berpartisipasi baik sebagai peserta maupun narasumber, yaitu Philipina, Indonesia, Malaysia, dan Thailand.

Topik yang akan dibahas mencakup aspek Diversity and Resiliency of Indigenous Tropical Flora and Fauna and Their Ecosystems ; Approaches, Technologies, and Innovations in Conservation, Enhancement and Sustainable Use of Indigenous Tropical Flora and Fauna; Socio-economic, Cultural, and Ethical Aspects in Conservation, Enhancement and Sustainable Use of Indigenous Flora and Fauna ; dan Policies and Other Legal Frameworks in Conservation and Sustainable Use of Indigenous Flora and Fauna.

Dr. Irdika Mansur, Direktur SEAMEO BIOTROP, dalam welcoming remaks menyatakan antusias terhadap diskusi yang akan berlangsung selama dua hari mulai hari ini untuk konservasi, peningkatan, dan pemanfaatan berkelanjutan flora dan fauna tropis asli. Beliau sangat berharap bahwa konferensi ini akan dapat menghasilkan konsensus di antara para peserta untuk merumuskan cara-cara praktis dan berkelanjutan, berdasarkan kebijakan dan hasil penelitian saat ini, untuk memperkuat partisipasi dan kontribusi para pemangku kepentingan dalam menghilangkan masalah-masalah arus dan, pada saat yang sama, meningkatkan konservasi dan pemanfaatan berkelanjutan dari keanekaragaman hayati dan sumber daya alam di kawasan ini.

Opening Ceremony secara resmi oleh Dr. Etti Ginoga,  Kepala Pusat Litbang Hutan (Direktur Pusat Penelitian Hutan, Pengembangan Penelitian Hutan dan Badan Inovasi, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan) (KLHK RI). dalam sambutannya, Dr. Dr. Etti Ginoga menyatakan bahwa kita memiliki peluang untuk menciptakan pertumbuhan positif keanekaragaman hayati tropis dan menggunakannya untuk kondisi keberlanjutan. Untuk mendukung komitmen tersebut , beliau mengundang semua lembaga yang terlibat dalam perlindungan sumber daya alam flora dan fauna untuk berkolaborasi satu sama lain. Beliau memiliki komitmen yang kuat untuk mendukung kerja sama internasional karena ini merupakan langkah kecil untuk mendapatkan manfaat dari pemanfaatan flora dan fauna tropis.
Acara ini juga dihadiri oleh Dr. Arif Satria, Rektor Institut Pertanian Bogor dan Dewan Pembina SEAMEO BIOTROP dari Indonesia, Direktur dan Staf SEAMEO Centres, insan media cetak dan elektronik, serta para mitra SEAMEO BIOTROP.
Jumlah paper (makalah) yang di submit pada tahun ini yakni 95  paper dari beberapa negara. Setelah melalui tahap seleksi dan review ketat oleh committee 3rd ICTB 2018 , diperoleh 81 paper yang lolos seleksi untuk dipresentasikan dalam rangkaian acara 3rd ICTB 2018. Acara 3rd ICTB 2018 terbagi menjadi 3 yaitu Plenary Speech, Parallel dan Poster Session.

Konferensi Internasional Ke-3 tentang Biologi Tropis merupakan penutupan dari serangkaian acara Perayaan Ulang Tahun Emas SEAMEO BIOTROP. (R/jalosi/ist/dd)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad