Ini Kapolres Inspiratif - Jalosi.net | Jalur Otoritas Informasi

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Selasa, 25 Desember 2018

Ini Kapolres Inspiratif

Tangerang, jalosi.net - Siapa yang tidak Mengenal Kombes Pol. H. Muhammad Sabilul Alif, SH, SIK, M.Si., yang selalu dikenal dengan Segudang Inovatif dimanapun dirinya ditugaskan oleh Pimpinan Polri.

Pria Kelahiran Gresik, 27 Juni 1975 yang kini menjabat Kapolres Kota Tangerang, Polda Banten selalu menjadi pusat perhatian media dan masyarakat, bagaimana tidak, hampir semoga program inovasinya selalu sukses dan tidak sedikit menjadi viral setiap kasus yang ditanganinya.

Berikut Deretan Inovasi yang terekam jelas di Google kala menjabat Ka. SPKT hingga Kapolres Jember.

1. Kepala SPKT Polda Jatim, pada Saat menjabat sebagai Kepala SPKT Polda Jatim Ia menggagas Aplikasi Jawa Timur dalam Genggaman Berbasis Satu Desa Satu Polisi, di resmikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Kapolri pada Juni 2012. Aplikasi ini juga tercatat di Museum Rekor Dunia Indonesia(MURI) dan mendapat HAKI.

2. Kasat Lantas Polrestabes Surabaya, pada Saat menjabat sebagai Kasat Lantas Polrestabes Surabaya inovasi terobosan dalam bidang lalu lintas sebagai langkah pendekatan kepada masyarakat, meliputi KALKIR(Kanalisasi Lajur Kiri), JEMBATAN MERAH (Jangan Menerobos dan Menghambat Lampu Merah), STMJ (Surabaya Taat Marka Jalan), SLAMAN SLUMUN SLAMET dan RANSEL (Kendaraanku Sehat dan Lengkap). Selain itu juga melaksanakan Aksi keselamatan dijalan melalui penindakan kendaraan R2 yg tidak sesuai spesifikasi teknis pada malam pergantian tahun 2012-2013 yang tercatat juga dalam Museum Rekor Dunia Indonesia(MURI) dengan menindak 1131 motor dalam waktu 4 jam.

3. Kapolres Bondowoso, pada Saat menjabat sebagai Kapolres Bondowoso membuat inovasi pendekatan terhadap masyarakat yang terangkum dalam tema slogan "BONDOWOSO KOTA TAPE" yang mengacu pada terwujudnya Bondowoso yang Tertib, Aman, Proaktif dan Peduli serta Religius. Pelaksanaan dari inovasi ini antara lain POS TAPE(Polisi Siaga Setiap Pagi), POS SAGITA (Polisi Sabtu Sinergi dan kemitraan dengan Masyarakat), BESEK TAPE (Bersama Polisi Ciptakan Keamanan Tanpa Anarki dan Pelanggaran) serta POS KHIDMAT (Polisi Khotib/Ceramah Sholat Jumat).

4. Kapolres Jember, selama menjabat sebagai Kapolres Jember, Ia membuat rangkaian inovasi pendekatan yang terangkum dalam 9 Karya Utama (Nawa Karya Tama) Meliputi POS PROLTAPE (Polisi Patroli Tiap Pagi dan Sore), POS WEDANG COR (Polisi Warga Cangkrukan dan Koordinasi), POS PAPUMA(Polisi Peduli Pemuda, Pelajar dan Mahasiswa), POS JAGUNG (Polisi Peduli Pekerja dan Pengangguran), POS KHIDMAT ( Polisi Ceramah Kamtibmas Setelah Sholat Jumat), POS PERWIRA (Polisi Peduli Pariwisata dan Dunia Kreatif), POS PURNA (Polisi Peduli Perempuan dan Anak), POS SAGITA (Polisi Setiap Hari Sinergi dengan Masyarakat), POS JEMPOL (Polisi Jember Online). Khusus Jember Police Online Ia membuat beberapa inovasi dibidang Teknologi Informasi (TI) antara lain Aplikasi WAR (We Are Ready) Polres Jember, SP2HP Online dan Aplikasi Criminal Justice Sistem (CJS) : Sistem Informasi Perkara Terpadu (SIAP Terpadu) yang mengorganisasikan perkara pelanggaran hukum mulai dari Polres (Case Organizer Program) , Pengadilan ( Ijin Sita/Geledah Online), Kejaksaan (SPDP Online) dan Lembaga Pemasyarakatan (Informasi Narapidana Online).

Tak hanya sampai disitu Kala diamanahkan menjadi Kapolres Kota Tangerang, Pria yang akrab disapa Alif ini langsung tancap Gas dan Membuat Program "TANGERANG JAWARA" yang artinya Jadikan Wilayah Aman, Nyaman, Ramah dan Kreatif serta langsung diabadikan dalam Buku Tangerang Jawara yang didalamnya terdapat 8 Program Unggulan.

"Diantara Program Tangerang Jawara yang kami luncurkan ada Program Pos Purna yang artinya Polisi Peduli Perempuan dan Anak, kerena Negara harus hadir dalam melindungi Perempuan dan Anak dimana kasus perempuan dan Anak mendominasi di semua wilayah," ujar Kapolres Kota Tangerang saat dikunjungi di Ruang Kerjanya.

Atas Inovasinya kali ini, Kapolres Kota Tangerang akan diganjar Penghargaan daru Komisi Nasional Perlindungan Anak yang dipimpin Arist Merdeka Sirait, dan dari Imaculata Award dari Pimpinan Imaculata Austm Boarding School yang juga Bunda Anak Autis Indonesia, Dr. Imaculata Umiyati, S.Pd, M.Si., yang sereminialnya akan dilaksananya dalam wakti dekat setelah cuti libur bersama Natal dan Tahun Baru 2019.

Untuk diketahui inilah Deretan Judul Karya Buku Kombes Pol. H. Muhammad Sabilul Alif, SH, SIK, M.Si. antara lain sebagai berikut :

1. Polda Jawa Timur Hanya Dalam Satu Genggaman
2. Iki Suroboyo Rek Tertib Lalulintase
3. Menggapai Mimpi Masyarakat : Memimpin dengan Harapan
4. Jember Suwar Suwir (Jember Suasana Warga yang Aman, Religius, Bersahabat, Berwawasan Intelektual dan Kreatif)
5. From Jember to Our Nation Never Ending Innovation
6. Down To Earth Catatan Abdi Bhayangkara di Bumi Pandalungan
7. Sabilul Alif dan Orang Jember 
8. Tangerang Jawara
9. Tak Hanya Sabda di Balik Meja
10. Amar Ma'ruf Nahi Munkar
11. Jejak Ulama dan Pejuang Tangerang
12. Teroris Gak Punya Cinta. (R/jalosi/ist/jf/er)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad