Wujudkan Destinasi Danau Toba Berkelas Dunia, Pangdam I/BB Ikut Tertibkan KJA di Baktiraja - Jalosi.net | Jalur Otoritas Informasi

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Jumat, 07 Mei 2021

Wujudkan Destinasi Danau Toba Berkelas Dunia, Pangdam I/BB Ikut Tertibkan KJA di Baktiraja

 

Humbahas, jalosi.net - Untuk mewujudkan destinasi Danau Toba yang berkelas dunia, maka Panglima Kodam I/Bukit Barisan, Mayjen TNI Hassanudin, SIP, MM, ikut turun langsung melakukan penertiban Keramba Jaring Apung (KJA) yang beroperasi di atas permukaan danau vulkanik terbesar di dunia ini, Kamis (6/5/2021). 


Kegiatan penertiban KJA milik warga Desa Tipang dan Desa Simangulappe, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) ini dilakukan bersama Kapolda Sumut, Irjen Pol Drs RZ Panca Putra Simanjuntak, MSi.   


Kehadiran Pangdam I/BB dan Kapoldasu  disambut oleh Kasdim 0210/TU, Mayor Arm Ojak Simarmata bersama Wakapolres Humbahas, Kompol D Pinem, serta Camat Baktiraja, Astri Lidwina br Manullang. 


Sebelum menuju lokasi penertiban KJA, Pangdam I/BB bersama Kapoldasu terlebih dulu menerima laporan dari Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Humbahas, Nella br Simamora. 


Disebutkan Nella, ada 862 KJA beroperasi di Kecamatan Baktiraja yang dimiliki 41 orang. Dari jumlah KJA itu, hari ini 49 di antaranya ditertibkan. 


Usai menerima laporan, Pangdam I/BB bersama Kapoldasu, Bupati dan Wakil Bupati Humbahas secara simbolis menyerahkan dana kompensasi penertiban KJA sebesar Rp 5 juta per petak. 


Selanjutnya, Pangdam I/BB dan Kapoldasu bergerak menggunakan Kapal Pol Air KPII-2012 menuju lokasi KJA di Desa Simangulampe, Desa Marbun Toruan dan Desa Tipang, Kecamatan Baktiraja yang ditertibkan.


Pangdam I/BB menjelaskan kepada media bahwa pembongkaran petak KJA oleh Tim Terpadu TNI-Polri ini bertujuan untuk menjaga kelestarian ekosistem air Danau Toba dari pencemaran limbah pakan ternak ikan yang dibudidayakan di keramba. 


“Saya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat pemilik KJA yang telah mendukung kegiatan ini sehingga terlaksana dengan aman dan tertib," ucap Pangdam I/BB.


Hal senada disampaikan Kapoldasu. Dikatakannya, aparat TNI-Polri sudah berkoordinasi bersama pemerintah daerah untuk melakukan penataan Keramba Jaring Apung (KJA) yang ada di Danau Toba. 


"Jadi, tujuan penertiban ini adalah sebagai dukungan terhadap program pemerintah dalam mewujudkan dan menyukseskan pembangunan destinasi wisata Danau Toba," jelas Kapoldasu. 


Turut hadir dalam kegiatan, antara lain Asops Kasdam I/BB, Kolonel Inf Kristomei Sianturi, SSos, MSi (Han), Dansat Brimob Poldasu, Kombes Pol Suheru, SIK, MH, Kombes Pol Donald Simajuntak, Kombes Pol A Sinambela, Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor, SE, Wakil Bupati Humbahas, Dr Can Oloan Paniaran Nababan, SH, MH, Sekda Humbahas, Ir Tonny Sihombing, MIP, Dandim 0210/TU, Letkol Czi Ronni Agus Widodo, Kapolres Humbahas, AKBP Roni Nicolas Sidabutar, SIK, Kajari Humbahas, Martin Hasibuan, SH, MH, Pabung 0210/TU, Mayor Arm Wasno, dan para OPD serta ASN Pemkab Humbahas. (R/barat/Sumber: Pendam I/BB)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad