Puskesmas Sumber Makmur Kecamatan Mesuji: Program Sadarku Untuk Yankes - Jalosi.net | Jalur Otoritas Informasi

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Kamis, 17 Juni 2021

Puskesmas Sumber Makmur Kecamatan Mesuji: Program Sadarku Untuk Yankes

 

Mesuji, jalosi.net - Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Sumber Makmur, Kecamatan Mesuji, Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung, manfaatkan sampah sebagai nilai kesehatan.

Inovasi sampah bernilai layanan kesehatan yang digagas oleh Puskesmas Sumber Makmur  sebagai terobosan upaya meningkatkan layanan kepada masayarakat.

Puskesmas sumber makmur merupakan Puskesmas Rawat Jalan 
Menurut, NS. Kusno Sujarwo, S.Kep, Kepala Puskesmas Sumber Makmur yang juga menjabat sebagai Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Cabang Kabupaten Mesuji, mengatakan, inovasi tabungan sampah ini sudah lama dilakukan sejak tahun 2020 tepatnya bulan April 2020 lalu, Puskesmas Sumber Makmur merupakan Puskesmas Rawat Jalan yang ada di Kecamatan Mesuji.

"Terobosan ini dilakukan dengan tujuan selain meningkatkan pengelolaan sampah juga berimbas pada peningkatan kunjungan sehat seperti pemeriksaan Gula Darah, Kolesterol dan ini juga membantu dalam peningkatan indikator kinerja (Standar Pelayanan Minimal (SPM) Dinas Kesehatan, "kata  Kusno, Kamis 17 Juni 2021.

Dalam kesempatan yang sama, Sigit, Kasubag TU, PKS Sumber Makmur, juga menjelaskan bahwa layanan kesehatan itu diperoleh dengan cara menjual sampah yang mereka bawa ke pengepul dan memasukkannya ke dalam tabungan sampah dan ketika mereka akan menggunakan layanan kesehatan mereka dapat menggunakan tabungan sampah.

"Sampah dari Rumahku (Sadarku) merupakan inovasi yang dikembangkan puskesmas sumber makmur untuk tujuan jangka panjang, selain memandirikan masyarakat untuk hidup sehat, lingkungan sehat akan tetapi tabungan yang mereka kumpulkan dapat mereka gunakan untuk  kesehatan mereka sendiri, "kata Sigit menjelaskan. (R/ist/dyah/sm/dinkesmsj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad