Bupati Lamsel Berikan Arahan Saat Musrenbang di Kecamatan Tanjung Sari - Jalosi.net | Jalur Otoritas Informasi

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Kamis, 03 Februari 2022

Bupati Lamsel Berikan Arahan Saat Musrenbang di Kecamatan Tanjung Sari

 

Lampung Selatan, jalosi.net - Masih serangkaian acara Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Tanjung Sari, Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto memberikan pengarahan dan pembinaan kepada Aparatur Desa Kecamatan Tanjung Sari.

Acara berlangsung pada hari Rabu (3/2/2022) siang bertempat di Aula SDN 1 Purwodadi Dalam, Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Lampung Selatan.

Selain Bupati Lampung Selatan, hadir pula dalam kesempatan tersebut sebagai pembicara yaitu Inspektorat Kabupaten, Anton Carmana dan juga Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Erdiansyah.

Selama pembinaan, Bupati berpesan kepada para Aparatur Desa serta stakeholder terkait agar mampu menemukan, mengembangkan, serta terus mendukung potensi Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) di daerahnya.

Sebagai Kepala Camat yang membawahi Kepala Desa, perlu setidaknya memberikan arahan kepada para kepala desa agar bisa melihat potensi dan peluang yang bisa diangkat dari daerahnya masing-masing.

Tidak hanya dalam segi ekonomi saja, misal saja Pendidikan, kesehatan, potensi pertanian dan perkebunan, desa wisata itu juga bisa dijadikan potensi yang bisa dikembangkan,” ungkap Bupati Lampung Selatan.

Lebih lanjut, Bupati Lampung Selatan mengungkapkan bahwa musrenbang kali ini memang sengaja mengangkat tema besar, salah satunya terkait inovasi desa.

Dengan demikan para Kepala Desa sangat berperan andil dalam membuat inovasi desanya masing-masing.

“Salah satu cara menciptakan inovasi ya dengan melibatkan masyarakat, ajak partisipasi, gotong royong, kerjasama membangun desa,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Plt Kepala Dinas PMD, Erdiansyah mengungkapkan bahwa saat ini kita masih berusaha bersama-sama memulihkan ekonomi masyarakat sebagai dampak dari pandemi covid-19.

“Pemulihan ekonomi ya bisa dimulai dari desa, dari masyarakat sendiri secara sederhana,” ungkapnya.

Sebagai pejabat yang bertanggungjawab terhadap Pemberdayaan Masyakarat Desa, Erdiansyah terus mengajak dan siap bekerjasama dengan desa manapun untuk ikut andil dalam pengembangan desa.

“Kita bersyukur, dengan adanya musrenbang ini saya lihat banyak masyarakat lokal yang kemudian tertarik membuka lapak dagangan,”ujarnya.

Minuman sederhana, jajanan, souvenir semua bisa kita temukan disini. Sederhana seperti ini juga kan bisa menjadi tambahan pemasukan bagi masyarakat setempat,” tambahnya.

Sebagai penutup, Inspektorat Kabupaten, Anton Carmana menegaskan bahwa sebagai inspektorat akan kami pantau segala pengembangan masyarakat desa.

“Ayo kita saling bekerjasama dan saling terintegrasi dalam membangun kualitas SDM, infrastruktur, dan inovasi daerah,” ungkapnya. (Ist)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad