Pesawaran Terus Promosikan Kain Sulam Jelujur - Jalosi.net | Jalur Otoritas Informasi

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Rabu, 21 September 2022

Pesawaran Terus Promosikan Kain Sulam Jelujur


Pesawaran, jalosi.net - Pemerintah Daerah Kabupaten Pesawaran, terus melakukan berbagai upaya dalam rangka mengembangkan dan mempromosikan hasil kerajinan tangan kain Sulam Jelujur yang dibuat oleh masyarakat Desa Sungai Langka Kecamatan Gedongtataan Kabupaten Pesawaran.


Ketua Dekranasda Pesawaran Nanda Indira Dendi mengatakan, setelah mengikuti New York Indonesian Fashion Week beberapa waktu lalu, kain khas Pesawaran tersebut saat ini tampil pada acara Kriyanusa yang digagas oleh pemerintah pusat dalam rangka pameran kerajinan nusantara, yang diadakan di Jakarta Convention Center (JCC).


"Kriyanusa ini merupakan kegiatan yang mana, seluruh daerah yang ada di Indonesia menampilkan kerajinan unggulan di daerahnya masing-masing. Disini Kabupaten Pesawaran juga membawa beberapa kerajinan unggulan salah satunya Sulam Jelujur yang sudah mulai dikenal sampai Internasional dan juga Tapis Pubian Pesawaran," ujarnya saat menghadiri Kriyanusa yang dibuka secara langsung oleh Ibu Negara Iriana Jokowi. Rabu 21 September 2022.


Dirinya mengatakan, dengan diikutkannya kerajinan daerah dalam kancah Nasional ini, salah satu upaya pemerintah dalam menghargai karya seni yang dilakukan oleh para pengrajin yang berusaha melestarikan budaya lokal, dan juga berupaya dalam meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat Pesawaran.


"Kemudian para pengunjung juga bisa membeli langsung produk kerajinan tangan dari pengrajin secara langsung, lalu dengan diikutkannya kerajinan kita dalam kegiatan ini dapat memperkenalkan dan mempromosikan kerajinan daerah di tingkat nasional, sehingga kedepannya semakin banyak peminat dan pembeli kerajinan tangan khas Pesawaran," ujar dia.


Kedepannya, lanjut Nanda, pihaknya akan berupaya melakukan peningkatan SDM bagi para pengerajin dan juga memberikan peningkatan sarana dan prasarana bagi para pengerajin.


"Tentunya, kalau promosi dan pemasaran kita baik, kedepannya tentu akan semakin banyak pesanan yang masuk kepada pengerajin kita, pastinya dengan berbagai motif dan bentuk barang yang berbeda, maka dari itu perlunya peningkatan SDM dan sarana prasarana yang harus kita perbaiki," katanya. 


"Yang harus diketahui masyarakat, kain Sulam Jelujur ini bukan hanya bisa digunakan sebagai bahan pembuatan baju, gaun saja, tetapi juga bisa mempercantik ruang interior di rumah, kemudian home decor, table runner, bed runner, true sofa, pouch bag, kotak tisu, fashion, placment dan lainnya, seperti yang kita pamerkan di Kriyanusa hari ini," ujarnya. (R/nd)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad