Dendi Launcing Dewi Ramah Mulia - Jalosi.net | Jalur Otoritas Informasi

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Kamis, 24 November 2022

Dendi Launcing Dewi Ramah Mulia

 

Pesawaran, jalosi.net - Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona Launching Desa Wisata Ramah Perempuan dan Peduli Anak (Dewi Ramah Mulia) di Desa Harapan Jaya Kecamatan Way Ratai Kabupaten Pesawaran tahun 2022.


Bupati Dendi mengatakan, pengembangan desa wisata di Kabupaten Pesawaran tentu membutuhkan pendekatan kebijakan yang komprehensif dengan mendorong dan mengaktualisasikan dukungan setiap stakeholder. Pemerintah Daerah juga membutuhkan sebuah konsep yang terukur dan sistematis untuk dapat menjadi pijakan dalam pengembangan desa wisata.


"Salah satu desa yang memiliki potensi dan keberadaan alam yang dapat menjadi destinasi wisata dan berpeluang untuk dikembangkan adalah Desa Harapan Jaya yang terletak di Kecamatan Way Ratai ini," kata Dendi, di Bukit Cendana Desa Harapan Jaya Kecamatan Way Ratai, Kamis, 24 November 2022.


Oleh karena itu, lanjutnya, Pemerintah Daerah Kabupaten Pesawaran melalui Balitbang melaksanakan kewenangan di bidang Penelitian dan Pengembangan, dalam beberapa bulan telah mempersiapkan sebuah kajian atau peta jalan (road map) untuk menghasilkan kebijakan dan atau konsep yang dapat digunakan sebagai “Guidance” dalam pengembangan desa wisata khususnya di Desa Harapan Jaya.


"Sedangkan untuk mewujudkan Desa Wisata yang Ramah Perempuan dan Peduli Anak, desa harus bisa memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakatnya dengan memenuhi hak atas perlindungan dari segala bentuk kekerasan dan diskriminasi, serta tersedianya sarana dan prasarana yang ramah perempuan dan anak," ujar dia.


Menurutnya, Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA) merupakan desa yang mengintegrasikan prespektif gendre dan hak anak ke dalam tata kelola pemerintahan desa, pembangunan desa, serta pembinaan dan pemberdayaan masyarakat desa yang dilakukan secara terencana, menyeluruh dan berkelanjutan.


"Saya juga berharap agar DRPPA dapat memperkecil kesenjangan gender, serta meningkatkan peran aktif perempuan terutama dalam bidang politik, pengambilan keputusan dan ekonomi," jelasnya.


"Saya berharap momentum ini dapat menguatkan peran perempuan dan anak dalam pembangunan dan perlindungan perempuan dan anak di Kabupaten Pesawaran khususnya di Desa Harapan Jaya, sehingga terwujud Desa Wisata Ramah Perempuan dan Peduli Anak di Desa Harapan Jaya Kecamatan Way Ratai," pungkasnya. (Ed/wn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad