Penyair Mesuji Kenalkan Kain Tapis Sulam Ulat Di TPAT II Padang Panjang - Jalosi.net | Jalur Otoritas Informasi

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Kamis, 01 Desember 2022

Penyair Mesuji Kenalkan Kain Tapis Sulam Ulat Di TPAT II Padang Panjang

 

Padang Panjang, jalosi.net -  Kearifan Lokal disuatu daerah menjadi ikon kebagaan masyarakat daerah, bahkan dianggap sebagai ketahanan sebuah budaya bangsa.

Bicara tentang budaya dan kearifan lokal disuatu daerah, penyair asal Kabupaten Mesuji yang juga tergabung dalam Dewan Kesenian Mesuji Lampung (DKML) Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung, perkenalkan Kain Tapis Sulam Ulat di acara Temu Penyair Asia Tenggara II (TPAT II) di Kota Padang Panjang, Provinsi Sumatera Barat.

Martha Labatin seoarang Penyair Asal Kabupaten Mesuji, yang berkesempatan menghadiri Undangan Panitia Acara TPAT II di Kota Padang Panjang bersama sejumlah Penyair Lampung seperti Isbedi dengan julukan Paus Sastra Lampung dan lainnya yang diundang dan menghadiri acara itu.

Dalam kesempatan tersebut Martha Labatin memperkenalkan kearifan lokal Daerah Kabupaten Mesuji, yakni Kain Tapis Sulam Ulat kepada Walikota Padang Panjang dan Tamu Undangan Temu Penyair Asia Tenggara Dua di Auditorium Minang Fantasi (Aula MiFan) pada pembukaan acara TPAT II, Rabu malam 30 November 2022.

Kain Tapis Sulam Ulat yang dikenakan oleh Martha Labatin tersebut saat dikonfirmasi dilokasi acara, dirinya mengatakan, bahwa kain yang ia pakai merukan kerajinan tangan masyarakat asli Mesuji, "Ya, ini adalah kain yang ditenun oleh tangan kreatif masyarakat Mesuji, sehingga kain ini menjadi kelekatan kearifan serta budaya lokal di Mesuji terus dikembangakan dari dulu hingga sekarang, "kata Martha Labatin dilokasi acara TPAT II.

Selaim itu, Martha juga mengatakan, Walikota Padang Panjang dan Ketua Panitia TPAT II menerima Cindera  Mata Kain Tapis Sulam Ulat dengan bangga, sebab kedua tokoh itu merupakan pecinta kearifan lokal, sehingga pada saat Martha menyerahkan cindera mata tersebut dengan ucapan terimakasih maayarakat Kabupaten Mesuji, "papar Martha.

Acara TPAT II akan berlangsung sejak 1 hingga 3 Desember 2022, sementara TPAT II sendiri bertepatan dengan Peringatan HUT Kota Padang Panjang ke 232 di tahun 2022. Sehingga kemeriahan TPAT II semakin Ramai.

TPAT ke II itu dihadiri Penyair dari sejumlah negara, antara lain, Indonensia, Thailand, Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam hingga Vietnam dan Timor Leste. (R/er)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad