Memori Sampah Yang Kelam: Dinas LH Aksi Peduli Sampah - Jalosi.net | Jalur Otoritas Informasi

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Selasa, 21 Februari 2023

Memori Sampah Yang Kelam: Dinas LH Aksi Peduli Sampah

 

Mesuji, jalosi.net - Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mesuji peringati Hari Peduli Sampah Nasional tahun 2023. Peringatan tersebut dilakukan mengingat sejarah yang memprihatinkan bagi bangsa ini, yakni tragedi pada tahun 2005 silam yakni terjadinya longsornya Gunungan Sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat pada 21 Februari 2005.

Setidaknya pada tragedi tersebut merenggut lebih dari 100 nyawa manusia meninggal dunia, akibatnya berhimbas pada perkampungan Cilimus dan Pojok ,Jawa Barat, sekitar TPA Luewigajah, kemudian tumpukan sampah juga meledak yang berindikasi mengandung gas Mentana, bahkan ironis dua kampung tersebut harus rata dengan sampah.

Berdasarkan peristiwa itu, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mesuji menggelar serangkaian peringatan Peduli Sampah Nasional pada tanggal 20 Februari 2023, dan pada tanggal 21 Februari 2023 melakukan pengankutan sampah tidak terpakai.

Agung Subandara, S.IP, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mesuji mengatakan, kegiatan tersebut, tidak hanya beraifat seremonial, namun Pemkab Mesuji terua melakukan serangkaian inovasi pengelolaan sampah, baik yang bisa didaur ulang maupun tidak, itu dilakukan bersama dengan penggiat peduli lingkungan dan masyarakat.

"Ya, peringatan merupakan sesuatu yang telah terjadi dan bersifat memori kelam, oleh sebab itu, Pemerintah Kabupaten Mesuji akan terus melalukan trik dan inovasi mengatasi sampah, sehingga memori kelam tidak terjadi lagi di kemudian hari, "kata Agung Sapaan akrab Kadis LH itu, saat di konfirmasi pada 21 Februari 2023.

Rangkain peringatan yang dilakukan oleh Dinas Lingkuangan Hidup Kabupaten Mesuji, antara lain, penyerahan Penghargaan Sekolah Adiwiyata, memberikan bantuan sarana dan prasarana pengelolaan sampah dan pengahargaan serta bantuan tersebut diberikan langsung oleh Syamsudin, S.Sos, Sekretaris Daerah Kabupaten Mesuji, kemudian melakukan aksi bersih sampah, pilah sampah, memberikan edaran kepada segenap birokrasi baik pemerintaha, swasta dan lembaga lainnya untuk dapat menjaga dan peduli terhadap sampah. (R/er)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad