Bupati Pesawaran Terima Penghargaan UHC Dari Presiden RI - Jalosi.net | Jalur Otoritas Informasi

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Selasa, 14 Maret 2023

Bupati Pesawaran Terima Penghargaan UHC Dari Presiden RI

 

Pesawaran, jalosi.net - Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) Award dari Presiden Republik Indonesia, karena dianggap sukses dalam penyelenggaraan program JKN-KIS di Bumi Andan Jejama. 


Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengatakan, penghargaan ini didasari dari telah tercapainya cakupan kepesertaan UHC Kabupaten Pesawaran dalam program JKN-KIS diatas 95% dari total jumlah penduduk Kabupaten Pesawaran dan telah disepakati dalam Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Dinas Kesehatan Kabupaten Pesawaran dengan BPJS Kesehatan Cabang Bandar Lampung. 


"Ini semua merupakan bukti nyata dari komitmen Pemkab Pesawaran dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang ada di Pesawaran, dan juga untuk menjamin masyarakat kita mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak," ujarnya. Selasa 14 Maret 2023.


Dendi mengatakan, penghargaan UHC JKN-KIS didapat selama pelaksanaan program pemerintah pusat dalam menyelenggarakan JKN-KIS, dalam mengcover kesehatan masyarakatnya sesuai Peraturan Presiden RI Nomor 18 Tahun 2020, yang mana pemerintah telah mentargetkan cakupan kepesertaan Jaminan Sosial di Indonesia minimal 98% dari total penduduk pada tahun 2024.


"Kita telah mengcover masyarakat hingga mencapai cakupan kepesertaan UHC Program JKN-KIS, Kabupaten Pesawaran sampai dengan Februari 2023 telah mencapai 460.825 jiwa atau sebesar  96,29% menggunakan JKN-KIS dari jumlah total penduduk Kabupaten Pesawaran 478,558 jiwa berdasarkan data BPJS Kesehatan," ujar dia. 


Menurutnya, Pemkab Pesawaran telah menjamin bagi masyarakat yang belum memiliki BPJS bila sakit dan berobat ke Puskesmas ataupun RSUD, akan langsung aktif BPJS nya 1X24 jam.


"Jadi masyarakat Pesawaran jangan takut lagi untuk datang ke fasilitas kesehatan karena keterbatasan biaya, Pemkab menjamin yang belum memiliki BPJS bila sakit dan berobat ke Puskesmas ataupun RSUD akan langsung aktif BPJS nya 1X24 jam," kata dia. 


Kedepan harapan Bupati dengan kesadaran masyarakat Pesawaran, kunjungan masyarakat ke fasilitas kesehatan di Kabupaten Pesawaran bukan hanya kunjungan sakit, tetapi juga kunjungan sehat.


Sementara itu, Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin yang turut hadir pada acara tersebut mengatakan, dirinya mengapresiasi upaya Pemerintah Daerah dalam mendukung Program Kesehatan nasional. 


"Dengan adanya JKN ini, terbukti memberikan dampak positif terutama dengan terbukanya akses dan pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat yang ada di Indonesia," katanya.(Ed/wn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad