TPBIS: Dekranasda Mesuji Gelar Pelatihan Sulam Ulat - Jalosi.net | Jalur Otoritas Informasi

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Selasa, 22 Agustus 2023

TPBIS: Dekranasda Mesuji Gelar Pelatihan Sulam Ulat

 

Mesuji, jalosi.net - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Mesuji, menggelar Pelatihan Sulam Ulat bagi pelaku sulam ulat, pada Selasa 22 Agustus 2023, bertempat di Aula Gedung Layanan Perpustakaan Daerah Kabupaten Mesuji, dibilangan Desa Brabasan, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Mesuji.


Terselenggaranya kegiatan tersebut, Dekranasda bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Arsip setempat, hal itu juga sejalan dengan program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS).

Kegiatan itu dibuka langsung oleh Pori Karlia, S.Pd, Ketua Dekranasda Kabupaten Mesuji, hadir dalam kesempatan itu, Gunarso, SH, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip, Ketua DWP Kabupaten Mesuji, segenap anggota PKK Kecamatan dan peserta pelatihan Sulam Ulat.

Pori Karlia, mengatakan, pihakanya akan terus berusaha mengembangkan potensi penyulam ulat, sebagaimana, Sulam Ulat sendiri telah memiliki hak paten, sehingga pelaku sulam ulat tidak hanya mengasah potensi, namun karya seni sulam ulat bernilai tinggi, oleh sebab itu, perkembangan sulam ulat di di Kabupaten Mesuji menjadi utama Dekranasda Mesuji.

"Ya, Dekranasda saat ini terus melakukan pengembangan potensi penyulam ulat, selain itu juga pelatihan ini melibatkan pelaku sulam ulat Kabupaten Mesuji yang telah lama aktif menyulam Ulat, oleh sebab itu, kegiatan ini tidak hanya seremonial saja, namun setelah ini, bagi perserta akan terus dibina hingga nantinya sang pelaku sulam ulat mampu memproduksi secara mandiri, "kata Pori Karlia Sulpakar, Ketua Dekranasda, yang juga istri dari Drs. Sulpakar, MM, Penjabat Bupati Mesuji.

Sementara, Gunarso, SH, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip, mengatakan, dengan adanya program TPBIS, tentu masyarakat atau kelompok masyarakat dapat bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dalam hal Literasi untuk kesejahteraan.

"Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Mesuji, siap mendukung kegiatan yang bersifat literasi untuk kesejahteraan, dan Gedung Layanan Perpustakaan dapat digunakan untul kegiatan literasi kesejahteraan, "kata Gunarso, Kadis Perpus Mesuji itu. (R/er)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad