Soal Listrik 2024: Kemen ESDM RI Prioritaskan Kabupaten Mesuji - Jalosi.net | Jalur Otoritas Informasi

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Kamis, 30 November 2023

Soal Listrik 2024: Kemen ESDM RI Prioritaskan Kabupaten Mesuji

 

Jakarta, jalosi.net - Pemerintah Kabupaten Mesuji, dalam hal ini, Penjabat (Pj) Bupati Mesuji melakukan kunjungan Audiensi ke Kementerian ESDM Republik Indonesia pada Kamis 30 November 2023. Kunjungan Drs, Sulpakar, Pj Bupati Mesuji mengusung agenda, permohonan jaringan listrik untuk dusun Talang Gunung, Desa Talang Batu, Kecamatan Mesuji Timur.

Agenda yang diusung oleh Pemkab Mesuji tersebut menindaklanjuti program pemerintah setempat, setelah sebelumnya sukses memasang 324 jaringan listrik rumah kepada (Rumahtangga) warga sasaran (tidak mampu) pada tahun 2023 secara gratis, sementara Sulpakar yang didampingi sejumlah pejabat antara lain, Assisten II, Kepala Bapelitbangda dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mesuji, kembali mengusulkan sebanyak 1.356 titik KwH, pada tahun 2024 mendatang.

Kunjungan Sulpakar tersebut diterima langsung oleh Ir. Wanhar Direktur Pembinaan Program Ketenagalistrikan Dirjen Ketenagalistrikan Kemen ESDM RI. Usulan tersebut mendapatkan tanggapan serius dari Kementerian ESDM, yang mana program kemaslahatam rakyat di bawa langsung oleh Bupati, sehingga dengan pertimbangan yang matang, Ir. Wanhar Direktur Pembinaan Program Ketenagalistrikan Dirjen Ketenagalistrikan Kemen ESDM mengatakan pihaknya akan memprioritaskan BPBL Provinsi Lampung, yakni Kabupaten Mesuji dalam hal pemasangan jaringan listrik baru.

Dalam kesempatan itu, Sulpakar mengatakan, "Pemerintah Kabupaten Mesuji berterimkasih atas bantuan BPBL pada tahun 2023, dan bantuan ini sangat berarti bagi warga kami yang mengalami keterbatasan ekonomi, dan upaya mendukung kesejahteraan, kami berharap Kemen ESDM kembali mengabulkan permohonan bantuan pemasangan BPBL tahun 2024 sebanyak 1.356 unit untuk pemasangan Kwh dan jaringan listrik di Desa Talang Batu, hal itu mengingat keterbatas APBD Mesuji yang kecil, kemudian Dusun Talang Batu belum pernah teraliri jaringan listrik, "kata Sulpakar, Penjabat Bupati Mesuji itu.

Sementara Ir. Wanhar Direktur Pembinaan Program Ketenagalistrikan Dirjen Ketenagalistrikan Kemen ESDM, "Ini luar biasa, seorang Penjabat Bupati sendiri dan secara langsung membawa program kesejahteraan masyarakat kurang mampu, itu menandakan keseriusan Kepala Daerah dalam memikirkan masyarakat, terutama rasio elektrifikasi rumah tangga, "kata Ir. Wanhar.

Tidak hanya itu, Wanhar juga mengatakan, pihaknya akan memprioritaskan Provinsi Lampung dalam hal ini, Kabupaten Mesuji, "Kami akan memprioritaskan BPBL Provinsi Lampung untuk Kabupaten Mesuji dan mengenai usulan jaringan listrik Talang Gunung kami juga akan berkordinasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk pinjam pakai kawasan hutan yang akan dilalui tiang listriknya, Saya minta juga Kadis LH agar terus berkoordinasi dengan pihak KLHK, "ujar Ir. Wanhar Direktur Pembinaan Program Ketenagalistrikan Dirjen Ketenagalistrikan Kemen ESDM. (R/er/ist/dlhmsj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad