Bencana Banjir: Bupati Pesawaran Kirim Bantuan - Jalosi.net | Jalur Otoritas Informasi

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Jumat, 12 April 2024

Bencana Banjir: Bupati Pesawaran Kirim Bantuan

 

Pesawaran, jalosi.net - Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Pesawaran dari tengah malam hingga pagi tadi menyebabkan banjir di sebagian besar wilayah yang berada didekat aliran sungai pada Jumat (12/4/24) dini hari.


Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona yang mengetahui hal itu telah memerintahkan jajarannya untuk meninjau lokasi dan memberi bantuan kepada warga terdampak. 


Melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pesawaran, Bupati Dendi memberikan bantuan bahan pangan untuk membantu masyarakat  korban banjir. 


Kepala BPBD Kabupaten Pesawaran Sopya A. Gani mengatakan berdasarkan data dari Pusat Pengendalian Operasi (PUSDALOPS) BPBD Kabupaten Pesawaran banjir yang terjadi disebabkan oleh hujan dengan intensitas tinggi dan waktu yang cukup lama sehingga membuat debit air meningkat drastis sehingga sungai disekitarnya tak mampu lagi menampung debit air.


"Hujan deras pada hari Jumat, 12 April 2024 pada Pukul 02.00 WIB sampai Pukul 04.00 WIB mengakibatkan meluapnya sungai Way Padang Ratu di Kecamatan Kedondong, Way Lima di Kecamatan Way Lima, dan Way Ngison di Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran," katanya.


Terdapat beberapa kecamatan yang terdampak banjir pada malam H + 3 Idul Fitri itu. 


Di Kecamatan Gedong Tataan dilaporkan sebanyak 7 unit rumah tergenang air setinggi 50 cm di dusun 3 Desa Bagelen. 


Lalu di Kecamatan Way Khilau, Desa Kubu Batu dan Desa Tanjung Rejo serta Desa Mada Jaya mengalami banjir hingga masuk ke rumah warga. Camat sudah meminta kepala desa agar segera membuka pintu bendungan untuk mengantisipasi air banjir semakin meluap


Kemudian di Kecamatan Way Lima, sebanyak lima desa di kecamatan itu terdampak banjir akibat meluapnya sungai Way Padang Ratu dan Way Awi. 


Dari pantauan di lapangan, kondisi debit air sungai Way Padang Ratu dan Way Awi sudah berangsur surut, namun genangan masih memenuhi rumah warga. Banjir itu menggenangi rumah warga di Desa Tanjung Agung, Desa Gedung Dalom, Desa Kuta Dalom, Desa Baturaja dan Desa Sindang Garut.


Di Kecamatan Kedondong, banjir juga melanda beberapa rumah di Desa Teba Jawa,  Desa Way Kepayang dan Desa Gunung Sugih. Hal itu membuat beberapa warga mengalami kerugian materil seperti kerusakan beberapa alat elektronik. 


Dilaporkan sampai saat ini banjir sudah surut dan warga secara swadaya telah membantu membersihkan rumah terdampak banjir. 


Kondisi di lapangan pun dinilai kondusif dan bantuan dari Bupati Pesawaran melalui BPBD kepada warga terdampak sudah disampaikan kepada masyarakat melalui para camat.(Endi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad