Pusat Kesehatan Mesuji Menuju BLUD - Jalosi.net | Jalur Otoritas Informasi

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Minggu, 17 Desember 2017

Pusat Kesehatan Mesuji Menuju BLUD



Mesuji: Dinas Kesehatan Kabupaten Mesuji menggelar kegiatan Finalisasi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit dan Puskesmas se Kabupaten Mesuji.
Kegiatan tersebut FX Warso, panitia acara kepada wartawan mengatakan, bahwasannya Pemuktahiran data PPK BLUD bertujuan kedepan dapat mengelola keuangan secara mandiri bagi Puskesmas.
Sebanyak 12 Puskes di Kabupaten Mesuji akan diusulkan menjadi BLUD dalam rangka memperpendek rentan kendali pemgelolaan keuangan. Sementara kegiatan itu berlangsung selama 2 hari sejak Rabu 26-27 April 2017.

Menurut Warso, mengatakan, hal tersebut secepatnya terwujud dan teralisasi, dan 12 puskesmas dapat lulus semua sehingga kedepan mereka (puskesmas) dapat berjalan secara mandiri, “Ucap Warso.

Selain itu Warso juga menambahkan, untuk menjadi BLUD tentu ada mekanisme yang harus dilalui seperti masuk dan baiknya sistem pengelolaan, seperti Mengelola keuangan, mengelola rencana bisnis anggaran, pengelola tata kelola dan mengelola standar pelayanan minimal (SPM) sementara untuk kepala Puskes bersifat mendampingi dan diwajibkan tahu.

Sementara itu Warso mengatakan, diusahakan pada Mey 2017 mereka (Puskesmas) sudah menjadi BLUD. Untuk menjadi BLUD harus melalui kajian dan penilaian TIM indepanden yang dilakukan oleh, Sekda, Asisten II, BPKAD dan Inspektorat serta Dinas Kesehatan.

Dan untuk tim penilai sendiri terdiri dari pemerintah daerah itu sendiri sebagaimana tim akan menilai sesuai dengan hal yang telah disiapkan oleh BPKP. Semnentara BPKP hanya bersifat pendampingan dan persiapan peserta BLUD.

Bahkan tahun ini dipastikan Rumah Sakit Daerah Mesuji batal mengikuti BLUD yang telah digagas, pasalnya RSUD Mesuji belum mengantongi Akreditasi Tipe dari Kementerian Kesehatan. (R/jalosi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad