MTQ ke V Kabupaten Pesisir Barat di Buka - Jalosi.net | Jalur Otoritas Informasi

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Selasa, 27 Februari 2018

MTQ ke V Kabupaten Pesisir Barat di Buka

Pesisir Barat, www.jalosi.net - Pada hari Senin tgl 26 Februari 2018 pkl 21.00 wib bertempat di Lapangan labuhan jukung kampung jawa kec pss tengah kab pss barat telah dilaksanakan Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke V se kab ps barat th 2018 dgn tema " Melalui MTQ ke - V. Kabupaten Pesisir Barat tahun 2018 Kita Jadikan Syiar Al-Qur'an Sebagai Semangat Untuk Mewujudkan Masyarakat Kab pss barat yg Bertaqwa " acara Pembukaan MTQ ke V tersebut langsung dibuka oleh bupati pss barat yg dihadiri +- 1000 orang. 

Adapun yang hadir dalam acara tersebut yakni, Bupati pss barat (Dr. Drs. Agus istiqlal. S.H.,M.H) , Seluruh, Asisten,kadis,kabag pemkab pss barat, Kapolres lambar yg diwakilkan oleh Waka polres Lambar (Kompol., Sukandar), Dandim 0422/LB yg diwakilkan oleh Danramil 422-02 (Kapten. Inf. Sanusi) , Kapolsek pss tengah (Kompol. Sahrial efendi. SH) , Ketua DPRD kab pss barat (bpk Piddinuri) beserta anggota DPRD kab pss barat, Seluruh Camat, Lurah, peratin se kab pss barat dan Toga, tomas, toda se kab pss barat. 

Acara kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke 5 se kab pss barat ini di mulai tgl 26 Februari 2018 dan berakhir tgl 02 Maret 2018, kegiatan musabaqah Tilawatil Qur'an ke V ini di ikuti dari 11 kecamatan se kab pss barat.

Pada Kesempatan tersebut Dr. Drs. Agus istiqlal. S.H.,M.H  Bupati Pesisir Barat mengatakan, “Ini Perlu Saya Sampaikan Bahwa Musabaqah Tilawatil Quran (Mtq) Merupakan Kegiatan telah menjadi Agenda Tahunan dan Melekat Dalam Kultur Masyarakat Dan Bangsa Kita. Namun Hal Tersebut Jangan Dianggap Bahwa Ini Adalah Tradisi Tanpa Ada Pesan Dakwah Islam Moment Ini Mengingatkan Kembali, Agar Kita Tidak Terjebak Pada Acara Seremonial Belaka Yang Tidak Memiliki Makna MTQ Bukan Hanya Acara Rutin Yang Banyak Membuang Biaya Saja, Selesai Acara Maka Selesai Juga Gema Syiarnya Tanpa Ada Upaya Untuk Merefleksikan Makna-Makna Yang Terdapat Di Dalam Kitab Suci Tersebut. 

Di Setiap Event Penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (Mtq) Seperti Saat Ini, Sepatutnyalah Kita Untuk Senantiasa Memantapkan Niat, Bahwa Penyelenggarakan Mtq Adalah Dalam Rangka Ibadah, Karena Yang Di Musabaqahkan Adalah Kalam Dan Firman Allah Swt. Penyelenggaraan Mtq Senantiasa Diarahkan Pada Upaya Menumbuhkan Kecintaan Dan Menggairahkan Masyarakat Untuk Senantiasa Mempelajari Dan Memahami Al Quran Sebagai Petunjuk Dan Pedoman Hidup Umat Islam.

Dalam Hal  Pendidikan Agama Dan Keagamaan Yang Telah Dilaksanakan Selama Ini.  Apabila Suatu Daerah Mampu Menyelenggarakan Kegiatan Pembelajaran Al Qur'an Di Lingkungan Masing-Masing Berarti Daerah Tersebut Dapat Melakukan Pengkaderan Qari / Qariah, Hafidz / Hafidzah Yang Berprestasi Secara Mandiri Sehingga Dapat Mengirimkan Qari/Qariah Yang Baru Pada Setiap Penyelenggaraan Musabaqah. Namun, Jika Tiap Waktu Mtq Tiba, Suatu Daerah Selalu Kebingungan Untuk Mengirimkan Utusannya, Maka Menunjukkan Masih Perlu Ditingkatkan Pembinaan Dan Pembelajaran Tentang Al-Quran.

Untuk Itu Marilah Kita Mencermati Kenyataan Sehari-Hari, Apakah Al Quran Telah Membumi Dalam Kehidupan Masyarakat? Apakah Kita Sebagai Muslim Telah Mengamalkan Al Qur'an Dalam Kehidupan Sehari-Hari? Apakah Sistem Nilai, Moral Dan Budaya Yang Berkembang Pada Saat Ini Telah Mencerminkan Jati Diri Sebagai Bangsa Dan Negara Berpenduduk Muslim Terbesar. Pertanyaan Di Atas Perlu Kita Jawab Dan Buktikan Dengan Usaha Dan Langkah Perbaikan Secara Nyata Sebagaimana Firman Allah Swt Dalam Al Qur'an Surat  Ar Ra'ad Ayat : 11  Yang Artinya :

“Sesungguhnya Allah Tidak Akan Merubah Keadaan Suatu Kaum, Kecuali Mereka Sendiri Lebih Dulu Merubah Apa Yang Ada Pada Diri Mereka, “Pungkasnya. (Netizen Pesisir Barat/jalosi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad