Petani Mesuji Lampung Tanam Lada - Jalosi.net | Jalur Otoritas Informasi

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Kamis, 08 Maret 2018

Petani Mesuji Lampung Tanam Lada

Mesuji, jalosi.net - Pemerintah Kabupaten Mesuji terus berupaya mengembangkan berbagai potensi di bidang pertanian dan perkebunan. Salah satu yang dikembangkan adalah tanaman lada.

Beberapa warga di Desa Fajar Asri Kecamatan Panca Jaya, Dusun Umbul Ben Desa Wiralaga II Kecamatan Mesuji, dan Desa Margo Jaya, Kecamatan Mesuji Timur saat ini tengah mencoba mengembangkan tanaman lada di kebun miliknya dengan pembinaan dari dinas terkait dan pemerintah kecamatan setempat.

Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji Dahuri menjelaskan lada dapat tumbuh baik di Mesuji, yang penting tidak terendam air. Dengan kondisi yang ada, menanam lada perdu menurutnya lebih mudah perawatannya dibanding lada jalar karena tidak perlu lanjaran dan memanjat ketika memanennya.

Lanjutnya, lada perdu maupun jalar pada dasarnya sama, yang membedakan adalah cara pembibitannya. Jika lada jalar yang dijadikan bibit adalah sulur batangnya. Sedangkan lada perdu yang dijadikan bibit adalah sulur buahnya.

"Lada dahulu sempat menjadi komoditas unggulan di Provinsi Lampung. Tapi, bukan mustahil jika kelak Mesuji dapat berkontribusi sebagai daerah penghasil lada," jelas Dahuri, Selasa (06/03/2018). (R/jalosi/ist)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad