Dispusar Mesuji Lampung: Perpustakaan Desa Harus Jadi Pusat Kegiatan Masyarakat - Jalosi.net | Jalur Otoritas Informasi

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Rabu, 10 Maret 2021

Dispusar Mesuji Lampung: Perpustakaan Desa Harus Jadi Pusat Kegiatan Masyarakat

 

Mesuji, jalosi.net - Pelaksanaan Program Transformasi Berbasis Inklusi Sosial, Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Mesuji Provinsi Lampung, bina 6 Desa bimbingan.

Perpustakaan 6 desa terdiri dari Perpustakaan Desa Pajar Baru, Adi Luhur, Kecamatan Panca Jaya, Perpustakaan Desa Simpang Mesuji, Kecamatan Simpang Pematang, Perpustakaan Desa Sidang Makmur, Desa Sidang Kurnia Agung, Kecamatan Rawa Jitu Utara, dan Perpustakaan Desa Mekar Jaya, Kecamatan Tanjung Raya, 

"Dalam rangka program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial, bahwa saat ini perpustakaan bukan hanya menjadi tempat membaca atau meminjam buku saja akan tetapi perpustakaan harus menjadi pusat kegiatan masyarakat, "Kata Agung Subandara, S.IP, Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Mesuji.

Tidak hanya itu, Agung juga mengatakan, Perpustakaan harus hadir serta dapat menyelesaikan permasalahan yang ada ditengah masyarakat. Perpustakaan harus bisa menjadi rumah berbagai komunitas, dengan tujuan Perpustakaan wadah kemajuan diri sehingga ilmu mendukung kesejahteraan.

Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Mesuji dinilai cukup berhasil dalam implementasi program. pada tahun 2020 lalu, Dispusar Mesuji meraih 2 penghargaan tingkat Nasional oleh Perpusnas RI.

Penghargaan tersebut diraih dalam rangka lomba cerita dampak perpustakaan terhadap masyarakat dan perpustakaan kabupaten/kota terbaik nasional dalam rangka implementasi program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial pada tahun 2020 lalu.

Pada tahun 2021 Perpustakaan Nasional Republik Indonesia kembali memberikan perhatian kepada Dispusar Mesuji, yakni 6 Desa di Mesuji Lampung, yang ditetapkan Perpusnas RI sebagai Mitra Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, akan mendapatkan bantuan perangkat Perpustakaan, antara lain;

1. Buku.
2. Rak.
3. Server.
4. Komputer Layanan.
5. Smart TV.
6. Modem.
7. Bimtek.

Bantuan dan dukungan yang diberikan oleh Perpusnas RI kepada 6 Desa tersebut akan direalisasikan pada tahun 2021.

Menanggapi kabar tersebut, Bupati Mesuji, H. Saply TH, berucap syukur dan terimakasih kepada Perpusnas RI yang telah memberikan perhatian dan dukungan.

"Ya, ini adalah kabar yang sangat membahagiakan sekali, dan kami Kabupaten Mesuji selalu berkomitmen mengembangkan minat baca dan dunia literasi. Dan itu sudah dilandasi dengan Surat Edaran Bupati Mesuji terkait dengan Program Transformasi Perpustakaan, "Kata Saply TH, Bupati Mesuji itu. (R/er)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad