Mengenal Manfaat dan Khasiat Pisang Biji Bagi Kesehatan - Jalosi.net | Jalur Otoritas Informasi

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Rabu, 05 Mei 2021

Mengenal Manfaat dan Khasiat Pisang Biji Bagi Kesehatan

 

Bandung, jalosi.net - Bersyukur kita sebagai bangsa Indonesia yang hidup di daerah tropis dan memiliki keragaman flora dan fauna yang sangat luar biasa, baik dari sisi jumlah maupun keragamannya. Semua diciptakan oleh Allah SWT pasti tidak ada yang sia – sia, semua pasti memiliki manfaat dan khasiat. Hanya saja karena keterbatasan pengetahuan yang dimiliki manusia seringkali kita memandang beberapa jenis flora dan fauna tersebut seolah – olah tidak memiliki manfaat. Sebagai contoh tentang pisang biji, atau biasa disebut juga pisang batu (pisang klutuk), dan di Jawa Barat disebut Cau Mangala. Dimana selama ini mungkin hanya dikenal sebagai salah satu bumbu penyedap saat buat bumbu rujak. Padahal setelah dikupas oleh para ahli, ternyata kandungan nutrisi yang dikandungnya sangat berkhasiat untuk kesehatan dan kecantikan.


Pisang batu (klutuk) adalah jenis pisang yang memiliki nama latin Musa brachycarpa atau musa balbisiana. Menurut para ahli kesehatan, pisang batu memiliki 4 nutrisi utama yaitu :

Protein: berfungsi untuk meregenerasi sel mati dan digantikan dengan sel baru.

Lemak: berfungsi dalam melindungi tubuh dari hempasa.

Kabohidrat: berfungsi sebagai penambah energi dalam beraktifitas sehari-hari.

Vitamin: berfungsi dalam menjaga kesehatan tubuh dan nutrisi pelengkap tubuh.


Dengan kandungan nutrisi yang dikandungnya, maka pisang biji ini dipercaya masyarakat dan berkhasiat untuk Mengobati Wasir, Mengatasi Diare, Tukak Lambung, Sistem Pencernaan, Mengobati Demam, Menghilangkan Jerawat, dan menghitamkan Rambut serta dapat mengatasi masalah ambeien.


Begitupun bagi mereka yang terkadang mengeluarkan darah ketika buang air besar. Salah satu cara alami yang dapat dicoba adalah dengan menggunakan bonggol pisang batu yang diperas. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya kita meminum air perasan ini sebanyak tiga kali per hari.


Begitupun dengan khasiatnya dalam kecantikan. Buah pisang biji ini bisa membantu yang bermasalah dengan jerawat membandel apalagi dimasa remaja. Caranya ambil satu biji buah pisang dan kupaslah, lalu tumbuklah sampai benar-benar halus seperti cream masker lanjutkan dengan mengoleskan di wajah yang berjerawat secara merata. Tunggulah sekitar 30 menit lalu bilas dengan air hangat. Selain untuk mengobati jerawat, pisang biji ini juga mampu menghitamkan rambut secara alami dengan cara mudah yaitu tumbuk buah pisang yang sudah dikupas, lalu peras hingga keluar airnya. Gunakan air perasan tersebut untuk dioleskan ke rambut secara merata dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Lalu bilaslah dengan air sambil dipijit. Semoga bermanfaat. (R/Oleh/Dede Farhan Aulawi/Pemerhati Tanaman Obat)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad