Dinas Perikanan Mesuji Lampung Sosialisasikan ATIRL Kepala Nelayan - Jalosi.net | Jalur Otoritas Informasi

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Rabu, 23 Juni 2021

Dinas Perikanan Mesuji Lampung Sosialisasikan ATIRL Kepala Nelayan

 

Mesuji, jalosi.net - Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas Perikanan Kelautan Kabupaten Mesuji, adakan Sosialisasi Alat Tangkat Ikan Ramah Lingkungan (ATIRL), terhadap masyarakat Nelayan.

Sosialisai tersebut dihadiri langsung oleh, Ardi Umum, Sekretaris Dinas Perikanan, juga hadir, Kepala Desa Wiralaga I, serta narasumber tokoh nelayan Desa Wiralaga I dan 15 peserta lainnya yang terdiri dari perwakilan kelompok nelayan Desa Wiralaga I. Kegiatan itu dipusatkan di Balai Desa Wiralaga I, Kecamatan Mesuji, pada 22 Juni 2021, kemarin.

Hal itu dilakukan sesuai Amanat Pasal 67 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2004 tentang Perikanan sebagaima telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 45 Tahun 2009 tentang Perikanan.

Ardi Umum, S.IP, Sekretaris Dinas Perikanan, mengatakan, bahwa kegiatan tersebut dengan maksud meningkatkan pengetahuan serta keterampilan nelayan kecil dalam pembuatan alat tangkap ikan ramah lingkungan dan perbengkelan, mendukung program pengembangan pengelolaan perikanan yang berkelanjutan.

"Meningkatkan produksi tangkapan yang akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan nelayan, mengurangi dan menghilangkan penggunaan alat tangkap yang dilarang oleh pemerintah seperti Setrum, Racun, dan lain-lain, "kata Ardi saat dikonfirmasi diruang kerjanya, Rabu 23 Juni 2021.

Tidak hanya itu, Ardi juga berharap dengan adanya sosialiasi itu menjadikan nelayan lebih terampil dalam kegiatan pembuatan alat tangkap ramah lingkungan serta ikut berperan dalam menjaga kelestarian ekosistem perairan umum daratan (sungai dan rawa) untuk masa sekarang maupun masa yang akan datang.

Serupa pula, disampaikan oleh, Sumarsono, S.P. Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Kabupaten Mesuji, “Dalam rangka mewujudkan visi Bidang Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Kabupaten Mesuji yaitu menjadi Unit Kerja yang terdepan dalam mengembalikan kejayaan perikanan tangkap Kabupaten Mesuji dengan 3 (tiga) Pilar Misi yaitu (1) melindungi dan memberdayakan Nelayan Kabupaten Mesuji, (2) Menjaga Sumberdaya Perairan Kabupaten Mesuji dan (3) Meningkatkan Produksi Perikanan Tangkap Kabupaten Mesuji menjadi hal yang sangat fundamental agar visi dan misi tersebut terwujud.

"Salah satu elemen pendukung yang penting dalam pelaksanaan 3 (tiga) misi tersebut diatas adalah penggunaan alat penangkapan ikan yang ramah lingkungan untuk usaha penangkapan ikan yang lestari dan berkelanjutan, ”singkat, Sumarsono. (R/ist/perikananmsj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad