Ajarkan Budidaya Ikan, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns Panen Ikan Nila Bersama Warga Perbatasan - Jalosi.net | Jalur Otoritas Informasi

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Senin, 13 Desember 2021

Ajarkan Budidaya Ikan, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns Panen Ikan Nila Bersama Warga Perbatasan

 

Kalimantan Barat, jalosi.net - Dalam mendukung ketahanan pangan dan juga meningkatkan perekonomian warga, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns mengajarkan budidaya ikan Nila kepada masyarakat Dusun. Lubuk Tengah, Desa Lubuk Sabuk, Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau.


Hal ini dikatakan Dansatgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns, Letkol Inf Hendro Wicaksono, S.I.P dalam keterangan tertulisnya di Makotis Entikong, Kab. Sanggau. Minggu (12/12/2021).


Dansatgas mengatakan Pos Lubuk Tengah mengajarkan kepada warga binaannya mengenai budidaya ikan Nila dari mulai penyiapan kolam budidaya, penyebaran bibit, pemberian pakan sampai dengan panen yang dilakukan di kolam ikan Pos Lubuk Tengah, Dusun Lubuk tengah, Desa Lubuk Sabuk, Kecamatan Sekayam.


Budidaya ikan Nila sangat mudah untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan ikan Nila membutuhkan pemeliharaan yang mudah, pertumbuhan dan perkembangbiakan yang cepat dan daya tahan yang kuat terhadap hama dan penyakit. Selain itu, budidaya ikan Nila dapat dilakukan di kolam biasa, kolam air deras, kantung jaring apung, keramba, sawah, bahkan di dalam tambak, terang Dansatgas.


Personel Satgas Pamtas mengajarkan budidaya ikan Nila ini kepada warga utamanya adalah untuk memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari dan disisi lain ikan Nila ini dapat dijadikan usaha untuk meningkatkan perekonomian warga apalagi disaat pandemi covid-19 ini, "ujar Dansatgas.


“Kami mendukung program Pemerintah dalam hal ketahanan pangan, dan dalam upaya membantu perekonomian warga yang terdampak covid-19, ”ucap Dansatgas.


Di tempat terpisah, Danpos Lubuk Tenga Sertu Yusuf mengungkapkan bahwa kegiatan yang dilakukan personel Satgas ini merupakan bentuk sinergitas kemanunggalan TNI dan rakyat, dalam upaya membantu perekonomian masyarakat yang terdampak Covid-19, khususnya di wilayah perbatasan.


“Disini kami mengajarkan budidaya ikan Nila kepada warga sekitar untuk dapat membantu perekonomian dan panen hari ini langsung kami bagikan kepada warga sekitar, ”tambah Danpos.


Saudara Aryo salah satu pemuda Lubuk Tengah mengaku senang atas pengajaran budidaya ikan Nila yang dilakukan oleh pos Lubuk Tengah sehingga dirinya mengerti dan akan berminat untuk budidaya ikan Nila dengan bantuan personil pos.


“Terima kasih bapak TNI yang sudah mengajarkan kepada kami ilmu yang bermanfaat semoga kami dapat melakukan budidaya ikan Nila ini di rumah kami masing-masing, ”ujarnya. (R/barat/Pen Satgas Pamtas 643).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad