Akreditasi: Ini Yang Dilakukan Disdik Mesuji Lampung - Jalosi.net | Jalur Otoritas Informasi

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Rabu, 20 April 2022

Akreditasi: Ini Yang Dilakukan Disdik Mesuji Lampung

 

Mesuji, jalosi.net - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mesuji melakukan Sosialisasi Akreditasi Sekolah Tingkat PAUD, kegiatan itu berlangsung di aula rapat Inklusi Gedung Perpustakaan Kabupaten Mesuji, pada Rabu 20 April 2022.


Sesuai dengan Peraturan Pemerintah No 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan. Maka penilaian kelayakan mutu suatu lembaga dipandang perlu guna meningkatkan standar pendidikan. Akreditasi adalah bentuk kegiatan kelayakan Program dan mutu suatu lembaga baik itu PAUD maupun PNF. Suatu lembaga akan dikatakan layak memberikan pelayanan jika sudah terakreditasi.


Kegiatan tersebut merupakan proses penilaian secara komprehensif terhadap kelayakan lembaga, hasilnya diwujudkan dalam bentuk pengakuan dan peringkat kelayakan yang dikeluarkan oleh suatu lembaga mandiri dan profesional.

 
Akreditasi juga sebagai bentuk pertanggungjawaban atau perlindungan sosial kepada masyarakat terhadap lembaga PAUD dan PNF apakah layanan yang dilakukan dan diberikan telah berjalan dengan baik dan memenuhi standar pendidikan.


Dalam sambutan Andi S Nugraha, SH.,MH, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Mesuji, yang disampaikan oleh Agung Subandara, S.IP, Sekretaris Disdikbud Mesuji, mengatakan, pihaknya berharap kepala Sekolah PAUD dapat bersinergi dengan baik, agar terwujudnya sekolah yang bermutu.


"Akreditasi akan mendorong satuan PAUD dan PNF agar selalu berupaya meningkatkan kwalitas lembaga dan membangun budaya mutu secara berkelanjutan, terencana dan kompetitif. Tentunya hal ini akan dapat berjalan dengan baik apabila dilakukan oleh stake holder secara bersama-sama baik BAN PAUD, Dinas Terkait dan Lembaga PAUD dan PNF itu sendiri. Pemerintah memiliki fungsi vasilitator dan pendampingan secara langsung terhadap berjalanya akreditasi agar tepat sasaran dan sesuai dengan yang diharapkan, "kata Andi S Nugraha, SH, MH, Kadisdikbud Mesuji melalui sambutan yang disampaikan oleh Agung Subandara, S.IP, Sekretaris Disdikbud Mesuji itu.


Selanjutnya Agung Subandara menambahkan, "Dengan kegiatan ini juga diharapakan akan menumbuhkan pemikiran-pemikiran atau kebijakan dan langkah-langkah yang bermanfaat guna memecahkan masalah dan hambatan yang terjadi dalam kegiatan akreditasi khususnya dan kegiatan peningkatan mutu pendidikan pada umumnya. Serta menghasilkan Kebijakan Pembinaan PAUD dan PNF yang sesuai dengan harapan, "singkat Agung, Sekretaris Disi
Disdik Mesuji itu.


Hadir dalam acara tersebut, Drs Musiman, M.Pd. Selaku Sekretaris  BAN PAUD  Provinsi Lampung. Kepala Bidang PNFI, Joko Nuredi, S.E, beserta staff. Assesor Kabupaten Mesuji, Miftahul Jannah, S.Pd.I, M.Pd dan Opearator Dinas Pendidikan Kabupaten Mesuji, serta Kepala PAUD Negeri dan Swasta se Kabupaten Mesuji. (R/er)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad