Disdikbud Mesuji Ikuti Bimtek Analisa RPPBD di Banten - Jalosi.net | Jalur Otoritas Informasi

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Kamis, 07 Juli 2022

Disdikbud Mesuji Ikuti Bimtek Analisa RPPBD di Banten

 

Banten, jalosi.net - Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Mesuji, Agung Subandara bersama Pengawas SMP Mariyo Pribadi, S.Pd mengikuti Bimtek Analisa Rapor Pendidikan dan Perencanaan Berbasis Data (RPPBD) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, dari Tanggal 4-7 Juli 2022 di Ciledug, Banten.

Bimtek tersebut merupakan upaya untuk memberikan pemahaman bagaimana cara membaca dan menganalisa Rapor Pendidikan hasil dari asesmen 2021. Sebelumnya satuan pendidikan di tanah air telah melaksanakan Asesmen Nasional tahun 2021, maka kini satuan pendidikan maupun pemerintah daerah dapat melihat hasil Asesmen Nasional melalui platform Rapor Pendidikan.

Lalu, apa itu platform Rapor Pendidikan? 

Rapor Pendidikan adalah platform yang menyediakan data laporan hasil evaluasi sistem pendidikan sebagai penyempurnaan rapor mutu. Sebelumnya. Kebijakan evaluasi sistem pendidikan yang baru lebih menekankan pada orientasi terhadap mutu pendidikan dan sistem yang terintegrasi. Peluncuran platform Rapor Pendidikan didasari oleh Permendikbudristek Nomor 9 Tahun 2022 Tentang Evaluasi Sistem Pendidikan Oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah. 

Platform ini ditujukan untuk satuan pendidikan dan pemerintah daerah agar bisa mengidentifikasi tantangan pendidikan di satuan Pendidikan dan menjadi bahan untuk refleksi sehingga bisa menyusun rencana perbaikan pendidikan secara lebih tepat dan berbasis data. Satuan pendidikan dapat melihat secara detail elemen-elemen per dimensi, sehingga dapat menggali kondisi capaian dan proses pembelajaran di tempat masing-masing.

Rapor Pendidikan dapat digunakan sebagai referensi utama dalam menganalisa, merencanakan, dan tindak lanjut peningkatan kualitas pendidikan. Data yang disajikan objektif dan andal karena laporan tersaji secara otomatis dan terintegrasi. Rapor pendidikan juga berfungsi sebagai instrumen pengukuran untuk evaluasi sistem pendidikan secara keseluruhan baik evaluasi internal maupun eksternal yang berorientasi pada mutu dan pemerataan hasil belajar (output).

"Sepulang dari bimtek kami Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mesuji akan mengumpulkan seluruh pengawas sekolah dan seluruh kepala sekolah dari semua satuan pendidikan PAUD/TK, SD, SMP Negeri dan Swasta untuk kami berikan pemahaman atau transfer ilmu agar semua insan pendidik dan stakeholder yang ada di Kabupaten Mesuji paham dan dapat menganalisa Rapor pendidikan Kabupaten Mesuji, sehingga perencanaan ke depan dapat lebih terarah dan tepat sasaran dalam membuat program dan kegiatan baik itu yang ada di dinas maupun yang ada di satuan pendidikan, "pungkas Agung, Sekretaris Disdikbud Mesuji itu. (R/ist/disdikbudmsj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad