Pemerintah Kabupaten Mesuji Gelar Upacara Peringatan Hardiknas dan Hari Otonomi - Jalosi.net | Jalur Otoritas Informasi

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Selasa, 02 Mei 2023

Pemerintah Kabupaten Mesuji Gelar Upacara Peringatan Hardiknas dan Hari Otonomi

 

Mesuji, jalosi.net – Pemerintah Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung, menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2023 dan Hari Otonomi Daerah ke 27 di Halaman Utama Kantor Bupati Mesuji pada Selasa 2 Mei 2023.

 

Drs. Sulpakar, MM, Penjabat Bupati Mesuji, Bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Peringatan Hardiknas dan Hari Otonomi Daerah tahun 2023, upacara sendiri melibatkan Dewan Guru, Pelajar dan segenap pejabat dan Forkopimda Kabupaten Mesuji.

 

Dalam kesempatan itu, Sulpakar, menyampaikan Sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan dan Teknologi dan sambutan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia.

 

”Selama tiga tahun terakhir, perubahan besar terjadi di sekitar kita, di mana-mana, dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia, sebanyak 24 episode Merdeka Belajar yang sudah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat, “sambutan yang dibacakan oleh Sulpakar dari Medikbudristek, tidak hanya itu, Mendikbudristek juga mengatakan melalui sambutannya menyinggung terkait dengan tumbuh kembangnya anak dalam berakselerasi di sekolah, hal itu merujuk pada sistem pendidikan Merdeka Belajar, yang diharapkan Indonesia terus berkembang pesat sehingga dapat melompat ke masa depan dengan pendidikan dan memerdekakan, “Pungkas Sulpakar.

 

Kemudian, pada waktu yang sama, Sulpakar menbacakan, sambutan dari Menteri Dalam Negeri terkait dengan Hari Otonomi Daerah ke 27, tahun 2023. “Selanjutnya , pada tanggal 29 April 2023 yang lalu juga kita peringati hari otonomi daerah ke 27, otonomi daerah telah memberikan dampak positif, dibuktikan dengan adanya percepatan pembangunan yang ditandai dengan meningkatnya angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM), bertambahnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan kemampuan Fiskal Daerah. Namun data juga menunjukan bahwa filosofi dari tujuan otonomi daerah belum sepenuhnya mencapai hasil yang diharapkan. Hal ini tentunya menjadi sangat ironis, mengingat kewenangan telah diberikan kepada daerah sementara keuangan masih tergantung kepada Pemerintah Pusat, “kata Mendagri.

 

Selain itu mendagri juga mengatakan, Menteri Dalam Negeri juga menghimbau bagi daerah yang masih rendah PAD-nya, agar melakukan terobosan dan inovasi untuk menggali berbagai potensi yang dapat memberikan nilai tambah serta peningkatan bagi PAD bahkan melebihi TKDD, tanpa melanggar hukum dan norma yang ada serta tidak memberatkan rakyat. Disinilah ujian sekaligus pembuktian kemampuan leadership dan entrepreneurship (kewirausahaan) untuk menangkap peluang yang ada oleh seluruh Kepala Daerah di Indonesia.

 

Menindaklanjuti arahan Bapak Presiden terkait Pengendalian Inflasi Tahun 2023 dan dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah guna menjaga ketersediaan pasokan, keterjangkauan harga pangan, daya beli masyarakat, dan mendukung kelancaran distribusi serta stabilitas perekonomian di daerah, maka Menteri Dalam Negeri setiap hari Senin memimpin rapat penanganan inflasi untuk memantau perkembangan inflasi di daerah  dan saat ini telah terbentuk Satgas Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) berdasarkan Surat Edaran Nomor 500/4825/SJ tentang Penggunaan Belanja Tidak Terduga Dalam Rangka Pengendalian Inflasi di Daerah.

 

Sejalan dengan usaha untuk meningkatkan perekonomian, Program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) merupakan upaya Pemerintah untuk mendorong masyarakat agar lebih menggunakan produk dalam negeri sehingga P3DN perlu senantiasa didorong dalam rangka pemulihan ekonomi nasional, “Pungkas sambutan Mendagri yang disampaikan oleh Sulpakar, Penjabat Bupati Mesuji.


Usai upacara, Penjabat Bupati dengan didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mesuji memberikan cindera mata dan tali asih bagi Guru Purna Tugas dan cacat kerja. (R/er)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad