Kementerian KLHK RI Setujui Usulan Pinjam Pakai Lahan Register Untuk Pemasangan Jaringan Listrik Baru 2024 - Jalosi.net | Jalur Otoritas Informasi

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Rabu, 27 Desember 2023

Kementerian KLHK RI Setujui Usulan Pinjam Pakai Lahan Register Untuk Pemasangan Jaringan Listrik Baru 2024

 

Jakarta, jalosi.net - Menindaklanjuti permohonan Pemerintah Kabupaten Mesuji untuk Pemasangan Listrik baru di desa Dusun Talang Gunung, Desa Talang Batu, Kecamatan Mesuji Timur, Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung, kepada Pemerintah Pusat melalui Kementerian ESDM RI pada 30 November 2023 lalu.

Kali ini Penjabat Bupati Mesuji berasama dengan sejumlah Kepala Dinas terkait melakukan audiensi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK RI) untuk tindak lanjut rekomendasi dari Kementerian ESDM RI, atas permohonan pemasangan jaringan listrik baru di wilayah Kabupaten Mesuji tepatnya di dusun Talang Gunung, Desa Talang Batu dusun tersebut masuk dilahan penguasaan atau lingkungan Register 45 Sungai Buaya yang didalamnya ada Perusahaan yang bergerak di Hutan Produksi, yakni PT. Silva Inhutani.

Audiensi Penjabat Bupati Mesuji dengan Dirjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI pada (27/12/2023) diterima langsung oleh Dirjen PKTL Dr. Hanif Faisol Nurofiq, S.Hut. MP, Direktur RPKHPWPH Ir. Roosi Tjandrakirana, M.S.E, adapun rekomendasi dari Kementerian ESDM RI melalui, Ir. Wanhar Direktur Pembinaan Program Ketenagalistrikan Dirjen Ketenagalistrikan Kemen ESDM.


Wanhar, mengatakan, pihaknya akan memprioritaskan Provinsi Lampung dalam hal ini, Kabupaten Mesuji, "Kami akan memprioritaskan BPBL Provinsi Lampung untuk Kabupaten Mesuji dan mengenai usulan jaringan listrik Talang Gunung kami juga akan berkordinasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk pinjam pakai kawasan hutan yang akan dilalui tiang listriknya, Saya minta juga Kadis LH agar terus berkoordinasi dengan pihak KLHK, "ujar Ir. Wanhar Direktur Pembinaan Program Ketenagalistrikan Dirjen Ketenagalistrikan Kemen ESDM, pada 30 November 2023 lalu.

Pada kesempatan Audiensi Penjabat Bupati Mesuji Drs, Sulpakar, MM, yang didampingi pejabat dinas terkait dihadapan Pejabat Dirjen PKTL, Dr. Hanif Faisol Nurofiq, S.Hut. MP
Direktur RPKHPWPH Ir. Roosi Tjandrakirana, M.S.E, mengatakan.

"Sejak berdirinya dusun tersebut pada sekitar tahun 1832 sampai saat ini belum terdapat akses listrik PLN, apalagi saat ini dusun tersebut merupakan daerah enclave yg berada dikawasan hutan register 45 sehingga jangkauan pembangunan sangat sulit dilakukan, "kata Sulpakar.

Selain Sulpakar mengatakan, oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Mesuji harus hadir memperjuangkan akses tersebut supaya masyarakat disana dapat merasakan pembangunan sebagaimana halnya yang dirasakan masyarakat Mesuji pada umumnya.

"Untuk itu kami melakukan audiensi pada hari ini dengan Dirjen PKTL guna meminta ijin penggunaan kawasan hutan guna pembangunan jaringan listrik PLN ke dusun Talang Gunung Desa Talang Batu Kecamatan Mesuji Timur, "kata Sulpakar.

Bahkan Sulpakar menambahkan bahwasannya, Pemkab Mesuji juga sebelumnya telah melakukan audiensi dengan Kementerian ESDM RI pada akhir November lalu perihal pemasangan jaringan listrik baru, yang dalam hal ini diterima langsung oleh Ir. Wanhar Direktur Pembinaan Program Ketenagalistrikan Kemen ESDM RI. Serta melakukan upaya kordinasi dengan PLN UID Lampung.

"Harapan kami perjuangan ini bisa segera terwujud sehingga masyarakat dusun Talang Gunung bisa terpenuhi rasio elektrifikasinya dan dapat menunjang perekonomiannya dengan dibukanya akses akses pembangunan disana, "pungkas Sulpakar, Penjabat Bupati Mesuji itu.

Sementara, Dirjen PKTL, Dr. Hanif Faisol Nurofiq, S.Hut. MP, mengatakan, "Pada prinsipnya pihak KLHK menyetujui usulan tersebut dan mengarahkan agar Pemkab Mesuji melakukan koordinasi dengan Dinas Kehutanan Provinsi dan PLN, "kata Dr. Hanif Faisol Nurofiq, S.Hut. MP. Bahkan Dirjen PKTL Dr. Hanif Faisol Nurofiq, S.Hut. MP, mengatakan agar Bupati Mesuji menjaga kondusifitas didalam kawasan Hutan Register 45 Sungai Buaya Mesuji. Adapun pejabat yang mendampingi penjabat Bupati Mesuji, saat Audiensi ke Kementerian KLHK RI, Kadis LH, Kadis Perkim, Camat Mesuji Timur, Kabid PPKLH dan Kepala Desa Talang Batu. (R/erwin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad