Bupati Pesisir Barat hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Kembali Lamban Gedung Karya Kartadilaga - Jalosi.net | Jalur Otoritas Informasi

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Senin, 26 Februari 2018

Bupati Pesisir Barat hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Kembali Lamban Gedung Karya Kartadilaga

Pesisir Barat, www.jalosi.net - Bupati Pesisir Barat Dr. Drs. H. Agus Istiqlal, SH, MH dan rombongan menghadiri acara peletakan batu pertama pembangunan kembali Lamban Gedung Karya Kartadilaga Marga Pulau Pisang yang bertempat di Pekon Sukamarga Kecamatan Pulau Pisang, Sabtu (24/2). Kedatangan bupati dan rombongan disambut prosesi adat arak-arakan dan tarian adat Sai Batin.

Dalam sambutannya Agus Istiqlal mengapresiasi pembangunan kembali Lamban Gedung Karya Kartadilaga Marga Pulau Pisang Kabupaten Pesisir Barat. Bupati mengharapkan pembangunan Lamban Gedung menampilkan ciri khas adat, khususnya "siger" karena kita di Negeri Para Sai Batin dan Ulama ini harus menunjukan bahwa kita mejunjung tinggi harkat martabat kaum wanita.

Bupati defenitif pertama di Pesisir Barat ini juga meminta untuk tidak malu menggunakan Bahasa Lampung sebagai identitas dan guna pelestarian adat istiadat khususnya di pesisir barat.

Suntan Hidayatullah Kartadilaga gelar Demung Tinggi Laksana X yang merupakan Sai Batin Karya Kartadilaga Marga Pulau Pisang dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang mendalam atas perhatian dan kepedulian Bupati terhadap kelestarian adat khususnya di masyarakat adat Pulau Pisang.

Suntan Hidayat juga menjelaskan tentang Sejarah keberadaan dan asal-usul Sai Batin Karya Kartadilaga Marga Pulau Pisang. Dan dalam pesan sambutannya meminta masyarakat adat Marga Pulau Pisang bersinergi bersama pemerintah untuk bersama-sama melestarikan adat istiadat, budaya, bahasa dan semua potensi kearifan lokal demi menunjang kelancaran program pemerintah disegala bidang khususnya Pariwisata.

Hadir dalam rombongan Bupati Pesisir Barat, Kepala Dinas Kesehatan Bambang, Kepala Dinas Perhubungan Hendri Dunan, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Abror, Kepala Dinas Urusan Peranan Wanita dan Anak Munzir Ali, Kasatpol PP Nursin Chandra, Kadis Pariwisata Audi Marpi, Camat Pulau Pisang Mizwar, dan Peratin se kecamatan Pulau pisang.

Sementara perangkat adat hadir semua Raja - Raja Suku Sai Batin Karya Kartadilaga Marga Pulau Pisang dan rombongan Sangmuarian Kartadilaga dari berbagai daerah diantaranya Sesepuh dan Keluarga besar Kartadilaga yang berdomisili di Jakarta dan Bandar Lampung yakni Inciknda Lela Suhardjo dan Putra nya Heru, Dr. Aryusmar, Dr. Reza Maulana Tanwir, Rahman, Riyana, Mambang Hertadi, Jon Tasripin Mastar, Tazkir Efendi, Riyana, Nara Supardi dan lain-lain. (BW/ist)

x

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad