DPMD Bengkulu Tengah Yang Berguru Ke DPMD Mesuji - Jalosi.net | Jalur Otoritas Informasi

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Senin, 26 Oktober 2020

DPMD Bengkulu Tengah Yang Berguru Ke DPMD Mesuji

 

Mesuji, jalosi.net - Setelah sebelumnya menerima Kunjungan Kerja (Kunker) dalam rangka Study Tiru dari Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (Pali), Provinsi Sumatera Selatan,l belum lama ini. Kali ini, Dinas Pemberdayaaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Mesuji kembali kedatangan tamu dari Dinas PMD Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu,  dengan tujuan yang sama yakni untuk melakukan Study Tiru, Senin (26/10/2020). 


Dalam kunjungan tersebut, hadir mewakili Kepala Dinas PMD Kabupaten Bengkulu Tengah, Kepala Bidang Pengembangan Usaha Ekonomi Masyarakat (PUEM), Deby Septika.SPT. M.Si. didampingi beberapa stafnya, bersama Kepala Bidang Sosial Budaya Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Kabupaten Bengkulu Tengah, Mashuri.SE.MM.


Rombongan diterima langsung oleh Asisten I Pemkab Mesuji Drs.Indra Kusuma Wijaya, mewakili Bupati dan Sekretaris Daerah, didampingi Kepala Dinas PMD, Sunardi Nyerupa.SE., Kepala Bappeda, Abu Rosid., di Kantor Dinas PMD Mesuji, Komplek Perkantoran Dinas Pemkab Mesuji, Desa Wiralaga Mulya, Kecamatan Mesuji. 


Dalam sambutannya mewakili Bupati dan Sekda, Indra mengucapkan selamat datang di Kabupaten Mesuji, serta menyampaikan permohonan maaf atas ketidak hadiran Bupati dan Sekda yang tidak bisa ikut menyambut kedatangan rombongan karena sedang ada kegiatan lain. Selain itu,  Indra juga memaparkan sekilas tentang Kabupaten Mesuji, dan makna dari Slogan Kabupaten Mesuji Bumi Ragab Begawe Caram. 


"Saya ucapkan terimakasih dan selamat datang kepada rombongan Dinas PMD dan Bappeda Kabupaten Bengkulu Tengah. Sebelumnya juga saya menyampaikan permohonan maaf dari Pak Bupati dan Pak Sekda yang tidak sempat hadir ikut menyambut karena sedang ada kegiatan lain. Inilah Kabupaten Mesuji, dengan berbagai budaya dan keragaman serta kondisinya, alhamdulillah semua berjalan dengan baik, pembangunan pun sudah merata meskipun APBD kita masih kecil,"kata Indra. 


Setelah agenda ramah-tamah dan perkenalan di Aula Kantor Dinas PMD Mesuji,  rombongan di dampingi Kepala Dinas PMD dan Bappeda Mesuji meninjau lokasi pasar kawasan di Desa Tanjung Menang, Kecamatan Mesuji Timur yang merupakan bantuan dari Dirjen Pengembangan Kawasan Perdesaan (PKP), Kemendes PDTT-RI pada tahun 2019 lalu. 


Kepala Bidang Pengembangan Usaha Ekonomi Masyarakat (PUEM), Kabupaten Bengkulu Tengah, Deby Septika.S.STP. M.Si. disela-sela kunjungan mengatakan, bahwa maksud tujuan kedatangannya ke Kabupaten Mesuji adalah untuk melakukan Study Tiru dalam rangka untuk mempersiapkan diri sebelum mengeksekusi Pembangunan Pengembangan Kawasan Perdesaan.


"Tujuan kami kesini adalah untuk melakukan Study Tiru, yang mana  Program Pengembangan Kawasan Pedesaan dari Dirjend PKP,  yakni Program Kawasan Perdesaan Prioritas Nasional (KPPN) dari total 62 Kabupaten/Kota Se-Indonesia yang mendapat program tersebut termasuk Mesuji yang sudah berjalan bagus. Sedangkan, di Bengkulu Tengah dikarenakan adanya Pandemi Covid-19 kami masih menunggu intruksi pemerintah pusat untuk melaksanakan program tersebut, dan baru akan dilaksanakan pada tahun 2021 mendatang,"Kata Dia. 


Lagi-lagi Dia Menjelaskan, Kenapa Kabupaten Mesuji dipilih untuk tujuan Study Tiru. Karena Mesuji dianggap sudah lebih maju dan berhasil dalam pelaksanaan Pembangunan Kawasan Perdesaan. Oleh Karena itu, pihaknya yang juga merupakan bagian dari Tim Koordinasi Pembangunan Kawasan Perdesaan (TPKP), Dinas PMD Kabupaten Bengkulu Tengah harus mempersiapkan diri,  salah satunya dengan melakukan Studi Tiru ke Daerah yang sudah lebih dulu melaksanakan program tersebut. 

  

"Untuk itu, kami harus sudah harus mempersiapkan diri baik secara Regulasi ataupun dukungan dari OPD seperti Bappeda dan Pendamping Kawasan Perdesaan. Jika ditanya Kenapa Mesuji yang kita pilih? 'Karena, Mesuji sudah Lari dan Keren'. Dalam arti Mesuji sudah berjalan dan bagus hasilnya. Bahkan hal itu pun diakui oleh pihak Kemendes PDTT-RI.,"Tandasnya. (R/nr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad