Hendak Bangun Kantor: PWI Mesuji Ziarah Makan Leluhur - Jalosi.net | Jalur Otoritas Informasi

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Jumat, 04 November 2022

Hendak Bangun Kantor: PWI Mesuji Ziarah Makan Leluhur

 

Mesuji, jalosi.net - Menjelang peletakan batu pertama pembangunan Gedung Sekretariat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Mesuji pada Senin, 7 November 2022. 

Ketua PWI Mesuji Apriadi, SE., bersama anggota di dampingi Kepala BPBD Sunardi, SE., melakukan ziarah makam di Desa Wiralaga, Kecamatan Mesuji, Jumat 4 November 2022.


Ziarah makam tersebut merupakan suatu bentuk penghormatan pada leluhur yang lebih dulu menempati Bumi Mesuji.


Sebelumnya, Ketua PWI Apriadi melalui Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Hi. Ronal Nasution S, Stp telah melakukan komunikasi kepada Drs. H. Hairi Sinungan yang merupakan tokoh marga Mesuji.


Dalam diskusi tukar pendapat itu, Ketua PWI menyampaikan terkait rencana pemberian nama Gedung Sekretariat PWI Mesuji tersebut akan diberi nama 'Suwara Pangeran Muhamad Ali' merupakan gabungan dari para pemimpin saat ini, baik dari pihak pemerintah maupun dari tubuh PWI itu sendiri.


"Ya, sebelum kita mengklaim pemberian nama Sekretariat PWI Mesuji, kita telah meminta restu pada tokoh adat marga Mesuji yang diketahui garis keturunan leluhur setempat," jelasnya.


Sementara, lanjut Apri, untuk nama Suwara gabungan dari tiga nama yaitu, Sulpakar Penjabat Bupati Mesuji, Wirahadi Kusuma Ketua PWI Lampung dan Apriadi yang saat ini menjabat sebagai Ketua PWI Mesuji. Sedangkan Pangeran Mahamad Ali bin Pangeran Sinungan bin Depati Jemair bin Raden Sinungan yang wafat pada 1918 M, merupakan nama leluhur sebagai orang pertama yang menemukan cikal bakal terbentuknya wilayah Mesuji.


"Kita berharap, dengan disematkannya nama Pangeran Muhamad Ali, bisa berdampak positif menjadi inspirasi juga motivasi pada perkembangan PWI kedepan, dan pembangunan di Mesuji sebesar nama beliau," tandasnya. (R/ist/pwimsj/pwilpg)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad