TPBIS: Dispusar Mesuji Lampung Gelar Pelatihan Pembuatan Abon Ikan - Jalosi.net | Jalur Otoritas Informasi

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Jumat, 03 Februari 2023

TPBIS: Dispusar Mesuji Lampung Gelar Pelatihan Pembuatan Abon Ikan

 

Mesuji, jalosi.net – Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusar) Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung mengadakan pelatihan pembuatan Abon berbahan Dasar Ikan Patin, kepada kader PKK Desa Brabasan Kecamatan Tanjung Raya, pada Jumat 3 Februari 2023 bertempat di Gedung Layanan Perpustakaan Kabupaten Mesuji di Bilangan Desa Brabasan.

 

Kegiatan pelatihan tersebut merupakan implementasi dari prgram Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS), sebagai sarana penguatan pengetahuan dibidang menu masakan, sementara dari pelatihan tersebut Dispusar mendatangkan Agnes Eka Pratiwi, narasumber dari Dinas Perikanan Kabupaten Mesuji, bidang Bina Usaha. Pelatihan sendiri dibuka oleh Gunarso, SH, Kepala Dinas Dispusar, yang didamping oleh Yoga Pujarama, Sekretarisnya.

 

Dalam kesempatan tersebut Gunarso berharap peserta dapat menyerap ilmu yang diberikan oleh narasumber, sebab selain memberikan materi ilmu pengetahuan, narasumber juga langsung memberikan prakteklapangan, dalam mengolah bahan dasar menjadi Abon Ikan.

“Ya, saya sebagai kepala dinas, berharap peserta dapat benar-benar memahami dan menyimak dengan baik, sehingga setelah pelatihan selesai, maka hasil pelatihan dapat dipraktekkan di rumah masing-masing, sehingga apa yang telah dilakukan dapat menjadi peluang bisnis rumahan berbasis Home Industri, yang kemudian tujuannya dapat meningkatkan pendapatan, “kata Gunarso.

 

Selain itu, Kepala Bidang Pelayanan Perpustakaan dan Kerjasama Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Mesuji, Diana Susilowati, S.T.,M.T, menambahkan, dalam rangka eksekusi program TPBIS, pihaknya melibatkan elemen masyarakat, baik komunitas atau lembaga bersifat kemasyarakatan, dengan tujuannya, selain mendukung program TPBIS untuk Kesejahteraan dan peningkatan ekonomi secara nyata, melalui program TPBIS Juga memberikan serangkaian pelatihan dan workshop berbasis pengetahuan kepada masyarakat.

 

“Pelaksanaan TPBIS sejatinya mengarah pada kesejahteraan, baik pengetahuan maupun secara nyata peningkatan ekonomi, oleh sebab itu, Dispusar terus melakukan terobosan dalam pelaksanaan program TPBIS di Kabupaten Mesuji, “kata Diana. (R/er)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad