Pemkab Mesuji Lampung Peringati Hari Lingkungan se Dunia - Jalosi.net | Jalur Otoritas Informasi

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Senin, 05 Juni 2023

Pemkab Mesuji Lampung Peringati Hari Lingkungan se Dunia

 

Mesuji, jalosi.net - Pemerintah Kabupaten Mesuji, melalui Dinas Lingkungan Hidup setempat, Peringati Hari Lingkungan Hidup se Dunia. Peringatan tersebut ditandainya dengan sosialisasi Program Kampung Iklim (Proklim) dan  Penanaman Pohon dengan Tema Solusi Untuk Polusi Plastik, bertempat di Desa Hadimulyo, Kecamatan Way Serdang, Senin 5 Juni 2023.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Mesuji, Syamsudin, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Agung Subandara, Sekretaris Camat Way Serdang, Tamiyami
Kepala Desa Hadi Mulyo, Karyanto, Pimpinan PT. Budi Dwiyasa Perkasa, Pimpinan PT.  Sinar Pematang Mulia, Pimpinan PT. Pematang Agri Lestari, Duta Lingkungan Hidup Kabupaten Mesuji serta Para peserta Sosialisasi.

Pada sambutannya, Sekretaris Daerah Kabupaten Mesuji Syamsudin menyampaikan, melalui Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023, diharapkan semua stakeholders untuk bersama-sama menemukan dan memperjuangkan solusi untuk polusi plastik.

"Resolusi Plastik adalah langkah besar dalam upaya dunia memerangi polusi plastik, mengingat semakin mengkhawatirkannya permasalahan plastik yang ikut berperan dalam tiga jenis krisis yang melanda planet kita: perubahan iklim, kehilangan biodiversitas, serta polusi. Salah satu upaya Pemerintah untuk mengatasi krisis tersebut yaitu melalui Program Kampung Iklim," ucap Syamsudin.

Syamsudin menambahkan, Program kampung iklim ditetapkan sebagai gerakan Nasional Pengendalian Perubahan iklim berbasis Masyarakat yang merupakan salah satu langkah strategis Pemerintah dalam membumikan isu Global Perubahan Iklim menjadi aksi bersama di tingkat lokal yang merupakan implementasi dari Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 84/MenLHK/Setjen/Kum.1/11/2016 Tentang Program Kampung Iklim.

"Mewakili Pemerintah Daerah Kabupaten Mesuji, saya menyambut baik terselenggaranya sosialisasi Program Kampung Iklim ini, sehingga dapat meningkatkan pemahaman masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya terkait perubahan iklim, pengelolaan sampah, pergeseran pola hidup (life style) dan pola konsumsi masyarakat khususnya dalam penggunaan plastik sekali pakai," imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Agung Subandara menambahkan, selain memberikan sosialisasi Program Kampung Iklim,  pihaknya  juga memberikan bantuan kepada masyarakat Desa Hadi Mulyo berupa bibit tanaman buah yaitu:
90 batang pohon Durian; 100 batang pohon alpukat; dan Tong Komposting sebanyak 2 buah.

"Pada kesempatan ini juga Pemerintah Daerah Kabupaten Mesuji melalui DLH memberikan bantuan kepada masyarakat Desa Hadi Mulyo berupa bibit tanaman buah yaitu:
90 batang pohon Durian; 100 batang pohon alpukat; dan Tong Komposting sebanyak 2 buah," jelas Agung.

Agung berharap pemberian bantuan bibit tersebut bisa dimanfaatkan dengan baik untuk menunjang Program Kampung Iklim di Desa Hadi Mulyo, dan kedepannya kegiatan adaptasi mitigasi di Desa terus berlangsung sebagai percontohan di Kabupaten Mesuji.

"Harapannya bantuan bibit ini bisa dimanfaatkan dengan baik untuk menunjang Program Kampung Iklim di Desa Hadi Mulyo, dan kedepannya kegiatan adaptasi mitigasi di Desa terus berlangsung sebagai percontohan di Kabupaten Mesuji," tambah Agung. (R/ist/rg/lhmsj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad